Selamat Datang di Website Kalurahan Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Segenap Pamong Kalurahan Sendangsari Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Pak Kades Geram Ketika Jabatannya Tidak Diakui

Operator 13 September 2019 10:35:40 Berita Desa

Sendangsari (13/09/19) Kepala Desa Sendangsari geram kepada Ranggalawe karena jabatan barunya tidak diakuinya. Patih Nambi yang diperankan Bapak Kepala Desa mampu memukau penonton sehingga halaman Balai Desa tumpah ruah penonton. Ketoprak Sendangsari ini tampil dalam acara malam puncak  Merti Desa Sendangsari dengan Lakon "Macan Tuban Ranggalawe".  Acara yang digelar Selasa, 11 September 2019  Jam 22.00 WIB tersebut menampilkan seniman seniwati muda dan Perangkat Desa Sendangsari. Ranggalawe adalah salah satu pengikut sang Prabu Kertarajasa Jayawardana yang telah berjuang besar dalam mendirikan negara Majapahit. Namun perjuangan tersebut tidak mendapt penghargaan, karena sang Prabu Kertarajasa Jayawardana memilih Bekel Nambi untuk diangkat menjadi patih. Karena hal tersebut, akhirnya Ranggalawe memberontak meski telah diperingatkan oleh Paman Lembusora dan istrinya Nyi Ranggalawe. Hingga terjadilah peperangan antara Ranggalawe dan Keboanabrang yang membela sabdha pandita ratu. Dalam peperangan tersebut akhirnya Ranggalawe kalah dan meninggal dunia. 

Para pemain dari Perangkat Desa baru pertama kali ini main sebagai salah satu peran di pertunjukan ketoprak. Selain bangga dan senang dengan hal baru tersebut juga merasa masih kaku, masih kurang percaya diri ketika naik panggung. "Saya kalau suruh milih Pidato di mantenan sama main ketoprak, saya pilih pidato" kata Raden Turonggo yang diperankan Slamet selaku Dukuh Kroco. Tapi beliau merasa sangat senang bisa bergabung dengan seniman seniwati yang sudah sering manggung.

Pemeran dalam ketoprak tersebut adalah Ranggalawe: Winarto, Lembusora: Mustadi, Keboanabrang: Bayu, Cahyono Gajah Pagon: Sigit Rahmanto (Sekdes Sendangsari), Turangga: Slamet Supriyono (Dukuh Kroco), Prabu Kertarajasa Jayawardana: Jumono (Kasi Pemerintahan),  Nambi: Suhardi  (Kades Sendangsari) Titi Sari: Miswanti, Pradapa: Ponang,  Tomblok: Tiyas,  Ki Lurah: Icuk Supardi, Ny Bupati Bonorowo: Atik Ki,  Bupati Bonorowo: Suparmin, Gambyong: Venty, Bungsu, Rum, Ki Bekel: Parno,  Nyi Bekel: Yuli Astuti (Dukuh Gegunung),  Nyi Ranggalawe: D. Florent , Prajurit Tapel Wates: Sukirman, Kholis, Surono (Dukuh Serang) dan Prajurit Majapahit: Fauzi. (S-Dw)

Komentar atas Pak Kades Geram Ketika Jabatannya Tidak Diakui

Surono 14 September 2019 12:04:13
Bangga ikut main, ternyata tidak mudah menghayati ilmu peran, majulah budaya ku

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Update

Cek Berita Hoax

Profil Desa Sendangsari

Aparatur Kalurahan

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung