Selamat Datang di Website Desa Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Selamat Tahun Baru 2020

 

Dinas PMD Dalduk dan KB Sosialisasikan Grand Design Pembangunan Kependudukan Kabupaten Kulon Progo

Operator 19 November 2019 08:29:56 Berita Desa

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk dan KB) menyelenggarakan Sosialisasi Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Kulon Progo di ruang Adikarta kompleks Pemkab, Wates. Kamis (13/12). Acara yang dihadiri oleh ASDA I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kulon Progo, Jumanto, S.H., perwakilan BKKBN DIY, Kepala Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM serta perwakilan dari OPD dan Puskesmas di Kulon Progo.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang GDPK kepada publik, untuk meningkatkan komitmen pemerintah dan masyarakat tentag pentingnya pembangunan kependudukan di Kulon Progo. Hal itu disampaikan Kepala bidang pengendalian penduduk. Drs. Mardiyo.

“Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran stekholder dalam pembangunan kependudukan di Kulon Progo serta mengoptimalkan pengelolaan data base kependudukan.

Sambutan Bupati Kulon Progo yang disampaikan oleh ASDA I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kulon Progo, Jumanto, S.H. mengungkapkan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) di Kabupaten Kulon Progo sangat penting, karena akan menjadi pegangan bersama dalam pembangunan kependudukan di Kabupaten Kulon Progo.

“Lima aspek yang ada di dalam GDPK meliputi aspek pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas penduduk, pembangunan keluarga, dan pengembangan data base kependudukan, Hal ini sangat penting untuk disosialisasikan,” Ungkap Jumanto.

Lebih lanjut Jumanto menyampaikan dalam hal Peningkatan Kualitas Penduduk, dari sisi pendidikan Angka Melek Huruf di Kulon Progo baru dalam kisaran 92,80 ngan rata-rata lama sekolah 8,40 tahun.

“Kita harapkan angka melek huruf mencapai 100ngan rata-rata lama sekolah 9,09 tahun. Semoga dapat tercapai,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Sudarmanto, S.I.P., M.Si. sekaligus narasumber pada acara GDPK menyampaikan Bupati Kulon Progo telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 53/2018 tentang Grand Design Pembangunan Kependudukan Kabupaten Kulon Progo Tahun 2018-2035.

“Perbup tersebut juga telah disosialisasikan melalui media cetak maupun elektronik. GDPK diarahkan untuk terwujudnya penduduk yang berkualitas sebagai modal dasar pembangunan,” ungkapnya.

Terwujudnya penduduk yang berkualitas harus ditopang dengan upaya yang terarah, terintegrasi dan terencana melalui komponen pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas, pembangunan keluarga, pengarahan mobilitas, dan pembangunan basis data kependudukan yang valid dan akurat.

Sumber

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Profil Desa Sendangsari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Kalurahan

Carik Ulu-Ulu Kamituwa Jogobyo Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Staff Desa Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung