Selamat Datang di Website Desa Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Selamat Tahun Baru 2020

 

Kemenparekraf Gelar Program Pengembangan Masyarakat Pariwisata 2020

Admin Web_Desa 18 Februari 2020 07:49:47 Berita Desa

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) didukung Badan Otorita Borobudur (BOB) dan instansi terkait di Kabupaten Kulon Progo mengadakan Program Pengembangan Masyarakat Pariwisata 2020 bertajuk Gerakan Sadar Wisata di Hotel King, Kapanewon Wates, Kamis (13/2/2020). 

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari unsur perangkat kalurahan, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kelompok sadar wisata, pengelola homestay, anggota PKK hingga pengurus posyandu. Mereka diberi materi tentang eksploring produk, presentation, packaging, dan pengelolaan sampah di destinasi wisata.

Kepala Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata Kemenparekraf Ambar Rukmi mengatakan penyelenggaraan program sadar wisata bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku wisata di Kulon Progo terkait implementasi Sapta Pesona. Diharapkan pelaku wisata bisa mengaktualitaskan nilai-nilai kearifan budaya lokal penunjang kepariwisataan. 

"Ini dilakukan agar masyarakat Kulonrogo khususnya pelaku wisata bisa lebih siap menyambut wisatawan seiring beroperasinya Yogyakarta Internasional Airport (YIA) dan efek Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas," ujar Ambar.

Ambar mengatakan kawasan penyangga Borobudur meliputi Magelang, Purworejo dan Kulon Pogo atau disebut Gelangprojo. Namun dari ketiga wilayah tersebut, Kulon Pogo dinilai masih belum siap perihal wisata, baik dari segi sarana prasarana maupun kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola wisata. 

Oleh karena itu, lewat kegiatan ini pelaku wisata didorong untuk lebih kreatif dalam menciptakan produk-produk wisata yang bisa menarik wisatawan. Sehingga ke depan wisatawan yang turun dari YIA dan hendak beranjak ke Borobudur bisa terlebih dahulu mampir di obyek-obyek wisata di Kulonprogo. 

Perwakilan BOB, Putut Bayu Sandiko, mengatakan BOB mendukung penuh pelatihan ini karena sesuai dengan program jawatannya dalam pengembangan kualitas SDM di kawasan Gelangprojo. 

BOB bersama Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STBP) saat ini juga tengah memetakan potensi SDM kepariwisataan di kawasan Gelangprojo. Hasil pemetaan yang rencananya akan keluar pada Maret mendatang itu menjadi bahan BOB untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diinginkan baik oleh industri kepariwisataan maupun masyarakat sekitar. "Hasil pemetaan ini menjadi guideline kami untuk pengembangan terkait SDM pariwisata," ucapnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Dra. Niken Probo Laras S,Sos.,M.H mengatakan untuk menyambut beroperasinya YIA dan menarik wisatawan Borobudur, kantornya sudah gencar menggelar pelatihan yang khusus menyasar pelaku wisata di Kulon Progo. Untuk tahun ini terdapat 10 jenis pelatihan yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), di antaranya pengelolaan destinasi wisata dan homestay, arum jeram, kuliner hingga pelatihan SAR wisata. (MC Kulon Progo/jjn/hry)

Sumber

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Profil Desa Sendangsari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Kalurahan

Carik Ulu-Ulu Kamituwa Jogobyo Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Staff Desa Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung