Selamat Datang di Website Desa Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Selamat Tahun Baru 2020

 

Upaya Wujudkan Generasi Berkarakter, TP PKK adakan Penyuluhan

Operator 19 Februari 2020 08:53:08 Berita Desa

Sendangsari-Tim Penggerak PKK Kalurahan Sendangsari menyelenggarakan kegiatan penyuluhan penggunaan media sosial secara bijak. Penyuluhan yang dilaksanakan Selasa (18-02-2020) di Aula Kalurahan Sendangsari merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan generasi yang berkarakter dan berkualitas. Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars PKK, dilanjutkan Prakata dari Ketua TP PKK, Kabul Muryani. Dalam sambutannya Ibu Lurah mengucapkan selamat datang kepada hadirin dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran. Peserta adalah perwakilan kader dan karang taruna dari 10 Pedukuhan di Kalurahan Sendangsari.

Penyuluhan di buka oleh Lurah Sendangsari yang diwakili oleh Kamituwa, Suwarna Utama, S.Pt. Dalam sambutannya Suwarna menyampaikan perkembangan teknologi di masa kini membawa banyak dampak khususnya pada anak. Untuk mengantisipasi dampak buruk akibat gadget di perlukan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Lingkungan yang berkualitaspun sangat berpengaruh dalam membentuk generasi yang berkarakter.

Dalam acara inti, disampaikan penyuluhan kebijakan perlindungan anak oleh Narasumber Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Sosial PPPA Kulon Progo, Woro Kandini Andayani, S.Sos, Msi. Untuk membangun masa depan negara berarti membangun generasi muda, yaitu anak-anak Indonesia, yang berkualitas baik secara fisik, perilaku maupun intelektual. Caranya adalah dengan mewujudkan hak anak dengan rights based approach, (Pendekatan Berbasis Hak). Hak dasar anak adalah Hak untuk hidup, tumbuh dan berkembang , terlindungi dari pengaruh buruk, penyiksaan dan eksploitasi dan berpartisipasi secara optimal dalam lingkup keluarga, kehidupan sosial dan budaya.

Dewasa ini semakin meningkatnya kasus kekerasan terhadap anak (usia anak 0 – 18 tahun). Salah satu sebabnya adalah lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat belum mampu memberikan perlindungan yang memadai kepada anak  sehingga terjadi kekerasan pada anak. Dampak jangka panjang, anak tidak saja menjadi korban, akan tetapi berpeluang menjadi pelaku. Untuk melindungi dan menjamin hak-hak perempuan dan anak dari tindak kekerasan, di Kabupaten Kulon Progo  dibentuk FPKK di tingkat Kabupaten, Kapanewon dan Kalurahan. Dengan adanya FPKK diharapkan mampu melakukan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, menumbuhkan partisipasi masyarakat agar mempunyai kepedulian dan kepekaan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan, memberikan pelayanan penanganan perempuan dan anak korban kekerasan, melaksanakan rehabilitasi social dan  reintegrasi social  perempuan dan anak korban kekerasan dan mendorong pemberdayaan perempuan korban.(ye-a)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Profil Desa Sendangsari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Kalurahan

Carik Ulu-Ulu Kamituwa Jogobyo Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Staff Desa Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung