Selamat Datang di Website Kalurahan Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Segenap Pamong Kalurahan Sendangsari Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Terapkan Smart City, Tim Pembimbing Smart City Lakukan Kunjungan Lapangan ke Sendangsari

Admin Web_Desa 13 Maret 2020 08:57:57 Berita Desa

Sendangsari – Rabu 11 Maret 2020 Kalurahan Sendangsari mendapatkan kunjunngan dari Tim Pembimbing Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi Lapangan Smart City pada Rabu 4 Maret 2020 di ruang sermo, Komplek Pemkab Kulon Progo.

Tim Pembimbing Smart City melakukan kunjungan lapangan dan kuesioner kepada pengguna layanan di kalurahan Sendangsari. Monitoring ini ditentukan berdasarkan dimensi Smart City antara lain Smart Governance : Layanan OSS-SICANTIK (DPMPT), Smart economy : Layanan TANIKU (Dinas Pertanian dan Pangan), Smart Society : Layanan PendekarKU (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga), Smart Living : Layanan bumilku (Dinas Kesehatan), Smart Brannding : Ekowisata Pule Payung (Dinas Pariwisata), Smart environment : Layanan SIBAKU (Dinas Lingkungan Hidup).

Seperti yang dilansir laman resmi Kominfo Kulon Progo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo Drs. Rudiyanto, M.M dalam rapat koordinasi persiapan evaluasi lapangan Smart City mengatakan pada tahun kedua, pelaksanaan Smart City diperlukan langkah untuk melihat langsung kondisi lapangan.

"Kami menyambut baik evaluasi lapangan ini agar semakin memotivasi jajaran instansi di Pemkab Kulon Progo untuk semakin baik lagi dalam melayani masyarakat," jelasnya.

Rudiyatno menambahkan selain evaluasi lapangan, juga diselenggarakan bimtek tentang penilaian manajemen resiko terhadap inovasi Smart City yang direncanakan dan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah.

"Ini menjadi perhatian serius bagi kita semua, kerena keberhasilan pengembangan Smart City tidak akan terwujud tanpa keseriusan dan komitmen yang teguh dari seluruh stakeholder," pungkas Rudi.

Nantinya dari enam dimensi Smart City yakni Smart Government, Smart Living, Smart Branding, Smart Environment, Smart Society, dan Smart Economy, telah disiapkan masing - masing satu lokus untuk evaluasi lapangan.

Sementara itu, Tim ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dr. Wikan Damar Sunindyo, mengatakan evaluasi merupakan bagian tak pisahkan dari gerakan 100 Smart City di Indonesia, karena yang dihasilkan dari empat kali bimtek adalah mendapatkan master plan dan quik win yang dilaksanakan di Kabupaten kulon Progo.

“Evaluasi dilakukan dalam setahun sebanyak dua kali pada pertengahan dan akhir, pada evaluasi kali ini lebih menitik beratkan pada laporan yang sudah disiapkan dan yang akan dipresentasikan,” ujar Wikan.

Menurutnya dalam evaluasi ini ada satu aspek yang belum memiliki gambaran, yaitu aspek tinjauan langsung. Ia ingin mendapat gambaran penerapannya di masyarakat. Karena masyarakat merupakan bagian dari pengerak dan penerima manfaat secara langsung pelaksanaan program Smart City di Kulon progo.

“Ini yang akan kita tinjau selama dua hari ini, untuk melakukan assessment penilaian terhadap evaluasi yang dilakukan, dalam evaluasi tersebut juga terdapat penjelasan manajeman resiko , memberikan rekomendasi perbaikan dan lainnya untuk program – program Smart City di Kulon Progo,” pungkasnya.(red-wb)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Profil Desa Sendangsari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Ulu-Ulu Kamituwa Jogobyo Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung