Selamat Datang di Website Kalurahan Sendangsari Pengasih Kulon Progo --- "Melayani Masyarakat Dengan Sepenuh Hati"

Segenap Pamong Kalurahan Sendangsari Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1441 Hijriyah, Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Pelatihan GIS Tim SID Kalurahan Sendangsari Bersama IDEA Yogyakarta

Operator 22 Mei 2020 23:58:15 Berita Desa

Sendangsari (22/05/20) Tim Sistem Informasi Desa Sendangsari (SID) yang terdiri Carik, Kamituwo, Panata Laksana sarta Pangripta, Perwakilan Dukuh, Staf, dan Tokoh Pemuda mengikuti Pelatihan yang diadakan IDEA Yogyakarta di Balai Kalurahan Sendangsari.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 19 – 20 Mei 2020 dengan materi Sistem Informasi Geografis dengan Menggunakan QGIS. “GIS merupakan hal yang baru bagi kami untuk mengetahui dan memperlajari lebih lanjut, kayaknya sangat menarik” jelas Kamituwo Suwarna Utama yang juga sebagai peserta pelatihan tersebut.

Hari Selasa, 19 Mei 2020 Lurah Sendangsari Samsudin berkenan membuka acara dan menghimbau pada Peserta Pelatihan untuk selalu mengikuti prosedur kesehatan di masa pandemic seperti ini dengan sering cuci tangan, jaga jarak dan selalu memakai masker. Pelatihan GIS ini nantinya diharapkan Tim SID Kalurahan Sendangsari menjadi pelopor Tim SID yang ada di Kulon Progo, walaupun pada saat ini Tim SID Gerbosari lebih awal mengikuti pelatihan.

Pertemuan pertama diawali dengan penyampaian tentang pengertian GIS, Penggunaan Google Map, dan penggunaan HP Android sebagai alat untuk membuat titik di suatu wilayah sehingga bisa dimanfaat kepada hal layak ramai. Aplikasi yang digunakan adalah GPS Essential, dan Open Camera yang kedua aplikasi tersebut digunakan untuk menitik dalam google map karena memiliki keterangan secara lengkap koordinat dalam suatu titik dalam peta. Pertemuan hari ini peserta disuruh mempraktekan menitik suatu tempat dengan aplikasi GPS Essential untuk menampilkan koordinat, dan Open Camera untuk menampilkan visual dalam bentuk foto yang nantinya bisa di tampilkan di Google Map. Sedangkan pertemuan dihari berikutnya adalah penggunaan program QGIS yaitu program yang difungsikan untuk mengolah data, menganalisa, serta menampilkan data menjadi informasi berbasis geografis yang dapat mendukung pengambilan keputusan atau kebijakan.

"Kegiatan ini merupakan Program “Pemanfaatan Sistem Informasi Kemiskinan untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan, Penganggaran dan Pemantauan Program Penanggulangan Kemiskinan secara Parsitipatif dan Akuntabel”, sehingga kegiatan tersebut berbentuk Pelatihan Desa Akuntabilitas Publik Berbasis SIG (Sistem Informasi Geografis)", Tandas Iqnas salah satu mentor dari IDEA.

Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan ini semua TIM SID Kalurahan Sendangsari mampu mengoptimalkan GIS sebagai salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi warga dan akuntabilitas dalam pelaksanaan pembangunan di Kalurahan secara terencana sampai dengan tingkat pemantauan suatu kegiatan. (Sdw-7)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Profil Desa Sendangsari

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Kalurahan

Lurah Carik Ulu-Ulu Kamituwa Jogobyo Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Lainnya Staff Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Pajak Aduan

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Kalurahan

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung