You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Sendangsari
Kalurahan Sendangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Beberapa Ide Peluang Usaha Desa Yang Bisa Anda Coba

18 Oktober 2019 Dibaca 319 Kali

Menjalankan usaha rumahan di desa adalah salah satu jenis usaha yang dapat dilakukan dan ditekuni oleh siapa saja. Selain itu, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar bahkan dengan modal kecil saja Anda sudah bisa membuka usaha rumahan di desa Anda. Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, usaha rumahan menjadi usaha alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika diamati kebanyakan jenis usaha yang dapat dilakukan di desa adalah usaha yang berbasis agrikultur.

Ketika Anda ingin membuka usaha di desa Anda, sebaiknya lakukan pertimbangan terlebih dahulu mulai dari letak geografisnya, potensi alam di desanya, kultur budaya dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika Anda ingin menentukan usaha apa yang akan jalan di desa, Anda harus melihat peluang usaha tersebut sesuai atau tidak.

Karena jika Anda salah dalam memilih jenis usaha yang akan dijalankan dan ditekuni maka yang kemungkinan besar yang akan terjadi adalah Anda akan mengalami kerugian bukan keuntungan, tentunya jika Anda rugi bisa bisa usaha yang dirintis akan gulung tikar alias bangkrut di tengah jalan.

Berikut ini ada beberapa ide usaha rumahan di desa yang cocok dan dapat Anda coba jalankan. Inilah selengkapanya:

1. Budidaya Perikanan

Pada umumnya rumah-rumah di desa identik dengan rumah yang mempunyai pekarangan atau halaman yang luas. Apabila rumah Anda memiliki pekarangan yang luas maka pastinya dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha di desa. Anda dapat membuka dan menjalankan usaha budidaya perikanan dekat rumah.

Dengan membuat kolam di pekarangan dekat rumah, Anda dapat mengisinya dengan memelihara ikan seperti lele, gurame, patin, mas/nila yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. mengenai pemasarannya Anda tidak perlu bingung, Anda dapat memasarkannya dengan menawarkan kepada tetangga-tetangga terdekat atau Anda dapat juga menjualnya ke pasar tradisional.

2. Budidaya Tanaman Sayuran

Selain usaha budidaya perikanan, Anda juga dapat membuka usaha budidaya tanaman sayuran di lahan sekitar rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa tanah di wilayah pedesaan sangatlah subur dan cenderung gembur sehingga sangat cocok di tanami sayur mayur. Anda dapat mengusahakan sayuran yang berumur pendek seperti kangkung, selada dan bayam. Sehingga panen dapat Anda lakukan dengan singkat, hasil dari panen dapat Anda titipkan ke warung-warung yang atau pedagang sayur keliling. Jika berjumlah banyak Anda bisa menjulanya ke pasar terdekat.

3. Penangkaran Burung Kicau

Burung kicau adalah salah satu burung yang paling banyak dicari orang dan merupakan jenis ternak yang paling banyak peminatnya. Kebanyakan kolektor burung kicau berasal dari kalangan atas namun tak sedikit juga kalangan menengah yang membeli burung kicau. Karena itulah, ini merupakan peluang usaha desa yang dapat Anda coba jalankan dengan menangkarkan dan menjual burung kicau.

Anda dapat mencoba menangkarkan burung-burung yang memiliki nilai ekonomis tinggi seperti burung murai batu, love bird, kenari dan lain sebagainya. Usaha ini akan berjalan dengan baik dan menyenangkan apabila Anda tekun, ulet dan terlebih lagi bila Anda termasuk pecinta burung, pastinya usaha ini sangat cocok untuk Anda.

4. Berkebun Kelapa

Kelapa adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari akar, batang, buah, daun dan semua yag terdapat di tanaman kelapa sangat berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu berkebun pohon kelapa di pekarangan rumah Anda dapat menjadi pilihan usaha pertanian yang cukup menjanjikan saat ini. Apa lagi kelapa juga merupakan buah favorit bagi banyak orang. Selain air buahnya yang menyegarkan, buah kelapa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu mudah sekali untuk memasarkan kelapa hasil panen dari kebun Anda. Dengan menanam 3-5 batang saja Anda sudah dapat memanen kelapa yang berlimpah.

5. Berjualan Bibit Tanaman

Anda juga dapat memanfaatkan lahan pekarangan Anda sebagai tempat penjualan bibit tanaman. Biasanya karena mempunyai lahan yang luas, rata-rata masyarakat desa mencari bibit tanaman buah untuk di tanam di pekarangan rumah. Maka dari itu Anda dapat membuka usaha berjualan tanaman bibit buah misalnya. Jika dilihat usaha ini cukup potensial untuk dikembangkan di desa.

Itulah tadi beberapa ide usaha yang bisa Anda coba jalankan di desa Anda. Tetaplah berusaha dan jangan menyerah. Semoga artikel ini membawa manfaat bagi pembacanya. Sekian dan terimakasih.

Sumber

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,313,004,291
0%
Belanja
Rp0 Rp3,552,485,925
0%
Pembiayaan
Rp0 Rp-439,481,634
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp0 Rp131,010,000
0%
Hasil Aset Desa
Rp0 Rp38,800,000
0%
Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp0 Rp40,000,000
0%
Dana Desa
Rp0 Rp2,018,983,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp179,405,424
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp866,605,867
0%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp0 Rp1,000,000
0%
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp0 Rp100,000
0%
Bunga Bank
Rp0 Rp3,000,000
0%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp0 Rp34,100,000
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp0 Rp1,547,415,073
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp0 Rp1,461,300,604
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp0 Rp266,233,498
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp0 Rp124,386,750
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp0 Rp153,150,000
0%