Embung Bogor

31 Desember 2020
Super Admin
Dibaca 26 Kali
Embung Bogor

Embung Bogor yang terletak di diantara Padukuhan Girinyono dan Padukuhan Blubuk Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo menjadi destinasi baru. Para wisatawan datang untuk menikmati panorama alam berlatar air terjun pelimpahan Embung Bogor.

Embung Bogor menampilkan pemandangan yang berlatar air terjun pelimpahan Embung Bogor, selain menikmati pemandangan yang ada disana pengunjung juga bisa berkemah di kawasan sekitar embung.

Embung bogor terletak di diantara Padukuhan Girinyono dan Padukuhan Blubuk kalurahan Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Embug ini berfungsi untuk kebutuhan irigasi, konserfasi, dan pariwisata. Embung Bogor dapat menanmpung air sekitar 30.000m⊃3; dan mensuply air irigasi sebesar 40 ha area sawah.

Pada awalnya Embung bogor ini viral berkat unggahan foto di media sosial yang berlatar air terjun pelimpahan Embung Bogor. Foto yang begitu cepat menyebarluas di media sosial tersebut mengundang rasa penasaran untuk berkunjung ke Embung Bogor untuk berfoto, mandi maupun untuk sekedar menikmati suasana alamnya.

Untuk menyikapi pengunjung yang kian meningkat warga setempat secara swadaya melaksanakan kerjabakti di lokasi embung bogor guna mempermudah akses ke lokasi. Untuk saat ini tidak ada biaya tarif apapun bagi yang akan berkunjung ke Embung Bogor. Pengelola yang sebagian terdiri dari para pemuda setempat secara sukarela membantu pengunjung apabila ingin berfoto mengingat lokasi yang licin dan berarus deras saat debit air tinggi.