Lempeng Kedung Kemin

31 Desember 2020
Super Admin
Dibaca 25 Kali
Lempeng Kedung Kemin

Salah satu tempat wisata Sendangsri yang belakangan ini cukup populer adalah Lempeng Kedung Kemin. Destinasi yang mulai populer sejak tahun 2020 ini menawarkan keindahan pemandangan alam sungai dengan struktur batuan dasar yang unik. Struktur batuan tersebut terbentuk dari batuan sedimen klastik dan batuan pasir, keunikannya tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata di Sendangsari.

 Wisata  ini terletak di Pedukuhan Paingan, Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo. Jika kamu datang pusat Kota Yogyakarta kamu bisa mengambil rute ke arah Jalan Jogja-Wates. Jika kamu tertarik, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika musim kemarau. Karena air sungai akan surut dan struktur batuan yang unik akan tampak dengan jelas. Sedangkan ketika musim hujan, air sungai menjadi deras sehingga bebatuan tidak akan terlihat secara sempurna. Selain itu, akan berbahaya untuk bermain di sungai yang airnya penuh. Kamu bisa menikmati suasana sejuk sembari mengabadikan momen. Namun perlu sambil waspada ketika berada di pinggiran sungai, sebab bisa saja kamu terpeleset karena struktur batuan miring dan cukup licin. Selain wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan alam sambil mengabadikan momen, di kawasan objek wisata ini juga sering menjadi tempat nongkrong bagi para pecinta sepeda.

Tidak heran ketika kamu mengunjungi objek wisata Lempeng Kedung Kemin ini, kamu dengan mudah menemukan banyak orang bersepeda. Lokasi ini memang menjadi salah satu alternatif para penggowes mengisi aktivitas di akhir pekannya.

Karena belum dikelola secara resmi, baik oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta, harga tiket masuk untuk kawasan wisata Lempeng Kedung Kemin ini masih gratis. Kesempatan buat kamu yang mencari tempat wisata murah dengan pemandangan syahdu. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 tergantung kendaraan apa yang kamu bawa ketika mengunjungi objek wisata ini. Meski belum dikelola secara profesional, lokasi ini sudah menyediakan fasilitas dasar. Meski belum begitu lengkap, di kawasan wisata ini sudah menyediakan fasilitas seperti kamar mandi umum dan juga kursi-kursi tempat beristirahat yang dibuat warga sekitar dari bahan bambu. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan selain berfoto dan menikmati pemandangan adalah memancing, terutama bagi kamu yang punya hobi mengisi waktu luang sambil memancing.