You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Sendangsari

Kap. PENGASIH, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta
Info

Ada Larangan Mudik, Jam Operasional YIA Dipangkas


Ada Larangan Mudik, Jam Operasional YIA Dipangkas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Perusahaan pengelola Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), PT Angkasa Pura (AP) I akan memangkas jam operasional bandara tersebut mulai 6 Mei 2021 mendatang.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager (GM) YIA Agus Pandu Purnama mengungkapkan, kebijakan pemangkasan jam operasional dilakukan menyusul ada adendum Surat Edaran (SE) nomor 13/ 2021 tentang peniadaan mudik hari raya Idul Fitri 1442 H dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama bulan cuci Ramadan yang dikeluarkan Satgas Covid-19 RI.

“Jam operasional YIA normalnya berkisar sampai dengan 12 jam, nantinya bakal dipangkas separuhnya dari durasi normal. Tanggal 6 nanti kalaupun maskapai penerbangan beroperasi jumlahnya pasti kecil. Kami akan kurangi jam operasional di YIA. Yang tadinya sampai malam, kemungkinan akan dikurangi dari pagi sampai siang saja,” kata Agus Pandu Purnama, Minggu (25/4/2021).

Diungkapkan, keputusan untuk memangkas jam operasional BIY jelang larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei mendatang juga masih menunggu koordinasi yang dilakukan PT AP I dengan maskapai yang beroperasi di BIY. “Tunggu tanggal 1 Mei, saya akan mengumpulkan seluruh maskapai yang beroperasi di YIA. Keputusannya nanti akan saya sampaikan ke teman-teman media,” ujar Pandu.

Lebih rinci Agus Pandu Purnama mengatakan, pemangkasan jam operasional YIA akan berdampak pada jam operasional maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara tersebut. Untuk saat ini, maskapai penerbangan yang beroperasi di YIA, Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Citilink dan Batik Air.

“Kalau nanti maskapai misalnya Garuda Indonesia, mengajukan penerbangan dengan rute Jakarta pagi, siang dan malam nanti akan saya atur untuk ‘reschedule’ di jam yang pagi dan siang. Karena pasti akan ada pengurangan jumlah penerbangan imbas larangan mudik,” tegas Pandu.

Disinggung tentang jumlah keberangkatan pesawat dan penumpang di YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, pada Minggu (25/4/2021) mengalami peningkatan dari hari sebelumnya. Untuk keberangkatan mencapai 2.939 penumpang, sedangkan angka kedatangan di YIA sebanyak 2.177.(Rul)

sumber : www.krjogja.com

Bagikan artikel ini: