Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Sendangsari Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Mari Lawan Covid-19 dengan Menerapkan 3M Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan  

Tim Pemberdayaan Kesehatan, Siap Menekan Angka Stunting di Padukuhan

Administrator | 30 April 2021 21:36:46 | Berita Desa | 9 Kali

Sendangsari (30/04/2021) Tim Pemberdayaan Kesehatan Padukuhan Kroco mengadakan pertemuan, Rabu, 28 April 2021, Waktu : 15.00- 18.00 WIB bertempat di Joglo Bantala Abyudaya Padukuhan Kroco. Dalam pertemuan Tim menyusun Rencana Kegiatan Kelompok dan Buka Bersama. Sebanyak 20 orang yang terdiri dari Anggota kader pemberdayaan kesehatan Kroco, Dukuh Kroco, Perangkat Kalurahan Sendangsari (Kamituwo, Danarto) dan Tim program IDEA Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Dukuh Kroco. Menurut beliau kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan yang sempat vakum selama pandemi. Dukuh Kroco, berharap warga Kroco dapat menyimak agenda pertemuan ini, agar mendapat manfaat untuk turut berkontribusi membangun padukuhan Kroco.

Sesi Perkenalan kembali dilakukan karena ada beberapa anggota kelompok yang pada pertemuan sebelumnya tidak dapat hadir. Selain itu, perkenalan juga dilakukan karena ada perangkat Kalurahan yaitu Kamituwo dan Danarto yang juga turut terlibat dalam kegiatan ini.

Sesi Brainstorming Ahmad Hedar dari IDEA, mengatakan bahwa sesi brainstorming ialah mengingat-ngingat kembali apa yang sudah dibahas pada pertemuan sebelumnya, tujuannya agar diskusi yang akan dilakukan tetap berkesinambungan dan partisipan yang belum sempat hadir pada pertemuan sebelumnya dapat memahami pembahasan-pembahasan yang terlewat. Pada sesi ini, yang mendapat kesempatan mereview kembali secara singkat pembahasan pada pertemuan sebelumnya ialah pak Sadi. Ia adalah bagian dari anggota kader pemberdayaan kesehatan Kroco.

Menurutnya, pada pertemuan sebelumnya ialah membahas hak dan kewajiban warga, kemudian mengindentifikasi persoalan-persoalan mendasar di padukuhan Kroco dan menyepakati untuk menindaklanjuti mencari solusi-solusinya pada pertemuan selanjutnya. Sesi Pembahasan Pada sesi pembahasan, partisipan pertemua kembali menajamkan persoalan yang sudah pernah dibahas pada pertemuan sebelumnya, termasuk menyusun beberapa rencana kegiatan untuk mengintervensi persoalan tersebut.

Catatan permasalahan yang menjadi pokok pbahasan di Padukuhan kroco paling banyak kasus stunting di tahun 2021, yaitu sebanyak 7 anak. Kegiatan penanganan stunting diberikan dalam bentuk PMT kepada ibu hamil KEK. Pendampingan penanganan stunting dari Puskesmas berdampak jangka pendek, jangka panjangnya belum. Usulan bantuan sosial sudah diusulkan desa, tapi belum diakomodir dari pemerintah di level atas Pemerintah Kalurahan Sendangsari sudah menyelenggarakan program penanganan stunting. Menyelenggarakan pelatihan untuk orang tua balita terkait antisipasi penangaan stunting. 

Tim Pemberdayaan Kesehatan Padukuhan  Kroco akan kembali bekerja keras menekan penambahan stunting dan penanganan melalui intervensi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya sebelum masa pandemi.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Profil Sendangsari

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Clereng-Wates Sendangsari Pengasih Kulon Progo Telp 0274775144
Kalurahan : Sendangsari
Kapanewon : PENGASIH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55652
Telepon : 0274775144
Email : sendangsarikp@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung