Belasan Calon Trainer, Studi Kegiatan di Pemkal Sendangsari

01 November 2023
ipg
Dibaca 180 Kali
Belasan Calon Trainer,  Studi Kegiatan di Pemkal Sendangsari

SENDANGSARI -- Belasan calon trainer, yang terdiri dari ASN sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sleman, melakukan studi kegiatan di Pemerintah Kalurahan Sendangsari pada Selasa (31/10) lalu.

Studi kegiatan yang menjadi rangkaian dari Training Of Trainer (TOT) program dari Biro Tata Pemerintahan Setda Propinsi DIY ini, bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, dari STPMD “APMD” Yogyakarta.

Kegiatan TOT dari para ASN OPD di Kabupaten Sleman ini, dalam rangka Strategi Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Lembaga Kalurahan di DIY, agar kedepan bisa direplikasi secara massif di 392 kalurahan di DIY, sehingga para pamong kalurahan bisa menerapkan tata kelola pemerintahan yang sesuai regulasi, sehingga terjadi perbaikan dalam birokrasi maupun pelayanan kepada masyarakat.

Belasan peserta TOT ini, dibekali dengan sejumlah materi, baik berupa keragaman konteks, kebutuhan dan kondisi tata kelola kalurahan, serta untuk mengasah sensitivitas dari peserta, baik tentang potensi, masalah dan tantangan yang harus dihadapi, oleh tiap kalurahan, menstimulasi peserta TOT agar bisa menemukan berbagai produk yang sudah dihasilkan oleh kalurahan sehingga mampu mereplikasi di wilayah masing – masing, serta membekali peserta TOT agar mampu merumuskan solusi lokal, strategi pemecahan masalah terkait dengan tata kelola pemerintahan kalurahan.

Sementara itu dalam sambutannya, Lurah Sendangsari Suhardi, menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi karena Kalurahan Sendangsari menjadi salah satu kalurahan di Kabupaten Kulonprogo, yang dipilih oleh STPMD “APMD”, menjadi lokasi dari program studi kegiatan para ASN yang nantinya menjadi trainer di wilayah masing – masing.

“Kami mewakili seluruh jajaran pamong kalurahan menyampaikan terimakasih dan apresiasi, atas dipilihnya Kalurahan Sendangsari menjadi obyek dari kegiatan TOT ini. Beberapa lembaga dalam naungan pemkal maupun materi yang dibutuhkan akan kami sampaikan, sesuai dengan fase yang sudah kami capai dalam beberapa tahun terakhir. Seluruh potensi yang ada diwilayah ini, bisa dikunjungi, dengan harapan, kedepan bisa bersinergi untuk memajukan wilayah masing – masing. "tuturnya. (ipg)