Reakreditasi, Puskesmas Pengasih I Optimis Kembali Raih Predikat Paripurna

16 November 2023
ahmed
Dibaca 248 Kali
Reakreditasi, Puskesmas Pengasih I Optimis Kembali Raih Predikat Paripurna

Sendangsari-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pengasih l optimistis bisa mempertahankan akreditasi Paripurna tahun ini.

Kepala UPT Puskesmas Pengasih I, dr. Yusniar Ridani mengatakan, tahapan akreditasi terbagi dua, yaitu secara daring dan luring.

Tahapan daring sudah dilalui pada tanggal 14 November kemarin dan 15 November hari ini, pihaknya menerima kunjungan langsung dari tim surveyor di Aula UPT Puskesmas Pengasih I.

"Kemarin saat daring saya memaparkan profil puskesmas, program serta inovasi yang sudah dilaksanakan Puskesmas Pengasih I. Lalu, hari ini ada kunjungan langsung dari tim surveyor ke puskesmas" tuturnya kepada Tim SID Kalurahan Sendangsari, Rabu (15/11/23).

Dokter Yus, sapaannya, menjelaskan, sesuai peraturan yang baru, terdapat lima poin instrumen akreditasi yang harus dipenuhi oleh puskesmas. Antara lain, Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), program prioritas nasional, terkahir terkait dengan mutu.

"Hari ini tim surveyor bersama para pegawai Puskemas dan juga perwakilan lintas sektoral untuk melaksanakan wawancara tentang kerjasama antar Puskesmas dan Lintas Sektoral," tuturnya.

Lintas Sektoral yang diundang dalam wawancara tersebut antara lain Panewu Pengasih, Kapolsek Pengasih, Kepala KUA Pengasih, Koordinator PLKB Pengasih, Lurah Pengasih, Lurah Sendangsari, Lurah Sidomulyo, Babinsa Sidomulyo, Babinkamtibmas Pengasih, Dukuh Kroco, Kepala Sekolah SMP N 1 Pengasih, Kader Posyandu, Kader Posbindu, dan PKK Kapanewon.

Ia yakin Puskesmas Pengasih I dapat meraih predikat Paripurna pada akreditasi tahun 2023. Sebab, semua instrumen akreditasi sudah persiapkan.

Diketahui Puskemas Pengasih I merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan menyediakan pelayanan medik dasar secara komprehensif untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di masyarakat. Wilayah kerja Puskesmas Pengasih I yaitu Kalurahan Pengasih, Kalurahan Sendangsari, dan Sidomulyo.

Sehingga Masyarakat di wilayah kerjanya tidak akan ragu dalam menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pengasih I yang sudah memiliki akreditasi ini serta sebagai bentuk perlindungan dari pemerintah khususnya Masyarakat Sendangsari untuk memenuhi hak warga negara demi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu.