Muqoddaman Al Quran Awali Merti Padukuhan Paingan

12 Maret 2023
ern
Dibaca 151 Kali
Muqoddaman Al Quran  Awali Merti Padukuhan Paingan

Sendangsari- Dalam rangka mengawali serangkaian kegiatan merti padukuhan, panitia menggelar acara Muqoddaman Al Quran  pada Jumat 10 Maret 2023. Muqoddaman atau dalam kata lain adalah prosesi pembacaan ayat suci Al Quran dari juz 1 sampai 30 tersebut dilakukan oleh tokoh-tokoh agama Padukuhuan Paingan.

Dengan mengambil tempat di Pendopo Makam Tengah Paingan, hadir sebanyak 40 tokoh agama Paingan mengikuti acara muqoddaman .

Selain tokoh-tokoh agama, hadir juga dari pamong kalurahan yaitu Dukuh Girinyono dan Dukuh Blubuk untuk ikut serta melantunkan ayat suci Al Quran.

Makna yang ingin disampaikan pihak panitia melalui acara ini adalah untuk menambah ke-sakral-an acara merti padukuhan khususnya tradisi nyadran. Dengan adanya bacaan ayat suci Al Quran diharapkan kegiatan yang akan diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar.

Dukuh Paingan Maryadi mengatakan," dengan adanya muqoddaman Al Quran menurut saya akan dapat menambah greget acara nyadran ini. Lebih afdhol lah istilahnya."

"harapan saya di Paingan ini antara agama, adat budaya dan juga seni bisa berjalan beriringan sehingga dapat tercipta suasana yang harmonis didalam masyarakat. Karena bagaimanapun hubungan antara manusia dengan Tuhan serta hubungan manusia dengan manusia haruslah seimbang." tutur Maryadi.