You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Sendangsari

Jl. Clereng-Wates, Kalurahan Sendangsari, Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Kode Pos : 55652 Telp. (0274) 775114 Email : sendangsarikp@gmail.com
Info

Lagi Viral !! Embung Bogor Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo


Lagi Viral !! Embung Bogor Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo

Sendangsari (21/12), Embung Bogor yang terletak di diantara Padukuhan Girinyono dan Padukuhan Blubuk Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo menjadi destinasi baru. Beberapa hari terakhir tempat ini ramai didatangi pengunjung untuk menikmati panorama alam berlatar air terjun pelimpahan Embung Bogor.

Embung Bogor akhir-akhir ini viral berkat unggahan foto di media sosial yang berlatar air terjun pelimpahan Embung Bogor,. Foto yang begitu cepat menyebarluas di media sosial tersebut mengundang rasa penasaran untuk berkunjung ke Embung Bogor untuk berfoto, mandi maupun untuk sekedar menikmati suasana alamnya.

Dihari Sabtu dan Minggu terutama pada pagi hari banyak dari pesepeda atau goweser mengunjungi Embung Bogor, mereka tertarik berfoto bersama sepeda masing-masing didepan air pelimpahan Embung Bogor.

Dukuh Girinyono, Heru Prasetyo membenarkan informasi tersebut, di akhir pekan kemarin minggu (20/12) banyak yang datang ke Embung Bogor terutama para penyepeda.

“Dihari libur banyak pengunjung yang datang, saya harap untuk para pengunjung untuk berhati-hati saat dilokasi karena banyak area yang licin. Bagi yang ingin berfoto di bawah air pelimpahan bisa dibantu oleh relawan,”Kata heru.

Untuk menyikapi pengunjung yang kian meningkat warga setempat secara swadaya melaksanakan kerjabakti di lokasi embung bogor guna mempermudah akses ke lokasi. Untuk saat ini tidak ada biaya tarif apapun bagi yang akan berkunjung ke Embung Bogor. Pengelola yang sebagian terdiri dari para pemuda setempat secara sukarela membantu pengunjung apabila ingin berfoto mengingat lokasi yang licin dan berarus deras saat debit air tinggi.

“Saat ini pengelola tidak mematok tarif, kami masih berkoordinasi terkait pengelolaan embung mengingat Embung Bogor ini berada di dua wilayah padukuhan yaitu padukuhan girinyono dan padukuhan blubuk. Meskipun yang potensial yang bisa digunakan wisata di padukuhan Girinyono namun saya berharap ada kerjasama dari padukuhan girinyono dan padukuhan blubuk karena mengingat embung bogor tersebut berada di dua padukuhan. Harapannya jika memang berpotensi dijadikan tempat wisata kedua wilayah tersebut dapat mendapatkan hasil,”tutur Heru.

Sementara itu menurut salah satu pengunjung ,Bambang Sutrisno, S.Sos. yang juga sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat dan SDM Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo yang pada hari minggu (20/12)  mengatakan bahwa embung bogor merupakan destinasi wisata baru yang menarik dikunjungi.

“Ini destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi oleh oleh Wisnus bahkan penggowes sekalipun. Viewnya yang elok dari atas embung atau spot-spot foto dibawah air terjun yang bikin keren dan servis guide lokal yang ramah dan helpful menjadi nilai plus bagi obyek wisata baru yang dikembangkan ini. Demi kepuasan pengunjung disediakan sarana dan prasarana seperti toilet atau ruang ganti, warung makanan, parker, rambu-rambu secara bertahap dan juga tetap mengedepankan protokol kesehatan,”tutur beliau.(red-wb)

 

Bagikan artikel ini: