Kelompok Peternak Kalurahan Sendangsari Mendapat Pelatihan Budidaya Peternakan Kambing

25 Oktober 2023
ahmed
Dibaca 70 Kali
Kelompok Peternak Kalurahan Sendangsari Mendapat Pelatihan Budidaya Peternakan Kambing

Pelatihan Budidaya Peternakan Kambing di Kalurahan Sendangsari dilaksanakan hari Selasa, 24 Oktober 2023. Pelatihan tersebut dihadiri oleh Suhardi (Lurah Sendangsari), Kuntoro Edi (Ulu-Ulu Kalurahan Sendangsari), yang diisi dari dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo.

Pelatihan Budidaya Ternak Kambing ini ditujukan bagi Kelompok Tani Ternak yang ada di Sendangsari. Pelatihan yang di danai dari sumber Dana Desa tersebut juga sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan hewani.

Para peserta dibekali pengetahuan materi tentang cara merawat dan mengetahui penyakit-penyakit hewan ternak kambing di Aula Kalurahan Sendangsari.

Pelatihan tersebut juga mengajak Peserta melaksanakan kunjungan lapangan di Wana Delima Mandiri Orchide yang berada di Padukuhan Secang Kalurahan Sidomulyo Pengasih. Kegiatan dilapngan ini diharapkan peran serta aktif Peserta bisa secara langsung menanyakan permasalahan-permasalahan dalam beternak kambing kepada praktisi dan pemilik kelompok. Para peternak kambing juga diajari cara mencacah bahan makanan ternak dengan choper agar bisa tahu cara pembuatan pakan yang baik supaya dapat membantu perkembangan ternak yang dimiliki, selain itu bahan bahan pembuatan pakan mudah ditemui disekitar.

Harapan dari pelatihan ini para peserta bisa mempraktekan ilmu yang didapatkan dalam beternak kambing.