Kunjungi Sendangsari, BUMDes Pandan Merapi Magelang Melakukan Studi Terap

23 November 2023
ipg
Dibaca 229 Kali
Kunjungi Sendangsari, BUMDes Pandan Merapi Magelang Melakukan Studi Terap

SENDANGSARI -- Sejumlah pamong desa dan pengurus BUMDes Pandan Merapi dari Desa Pandanretno, Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, melakukan Studi Terap di BUMDes Binangun Sendang Artha Sendangsari, pada Rabu (22/11).

Sejumlah pengurus BUMDes Pandan Merapi ini didampingi oleh Kepala Desa, petugas pendamping desa serta para pamong desa setempat, saat berkunjung di Kalurahan Sendangsari.

Studi terap yang dilakukan pengurus BUMDes Pandan Merapi, di BUMDes Binangun Sendang Artha Sendangsari, ditemui secara langsung oleh Direktur BUMDes Binangun Sendang Artha, Mulyono, STP serta Ulu – ulu, Kuntoro Edi yang mewakili Lurah Sendangsari.

Dalam sambutannya, Ulu – ulu menyampaikan ucapan selamat datang dan menyampaikan sejumlah support pemerintah kalurahan dalam memajukan dan mengembangkan BUMDes, sehingga pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat Sendangsari tahap demi tahap bisa tercapai.

Sedangkan Direktur BUMDes Binangun Sendang Artha, dalam pemaparan materinya juga menyampaikan tentang pengelolaan lembaga BUMDes, pengelolaan unit usaha, serta program kerja yang akan direalisasi pada tahun mendatang. “Untuk manajemen lembaga, kami memiliki regulasi Perbup, maupun AD dan ART lembaga sebagai acuan dalam menjalankan operasional BUMDes. Secara spesifik, diinternal BUMDes, juga ada SOP yang harus dilaksanakan oleh tiap pengurus, maupun pegawai,” ujar Mulyono.

Selain itu, para pengurus BUMDes Pandan Merapi juga diberi ruang untuk diskusi, guna mendalami materi yang dipaparkan maupun untuk melihat secara langsung keberadaan BUMDes Binangun Sendang Artha, serta unit usaha yang kini dikelola.

Disampaikan juga oleh petugas pendamping desa, bahwa kelembagaan BUMDes Pandang Merapi, kini tengah memproses badan hukum lembaga, serta mempelajari tata cara pengelolaan unit usaha, dan nantinya menjadi bekal, dalam mengelola unit usaha di BUMDes Pandan Merapi.

Usai dilakukan diskusi, seluruh pengurus BUMDes Pandan Merapi beserta Pamong Desa Pandanretno, kemudian mengunjungi kantor BUMDes Binangun Sendang Artha, unit usaha perdagangan, maupun serta program kebun buah yang segera direalisasi oleh BUMDes Binangun Sendang Artha Sendangsari. (ipg)