Bedah Buku “Perubahan di Ujung Jari” : Kekhawatiran Anak–anak Muda di Era Digital

11 Juni 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 100 Kali
Bedah Buku “Perubahan di Ujung Jari” : Kekhawatiran Anak–anak Muda di Era Digital

Sendangsari-- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah DIY melakukan bedah buku “Perubahan di Ujung Jari” (Antara Kilauan & Kekhawatiran Anak – Anak Muda di Era Digital) pada hari Senin, 10 Juni 2024. Bertempat  di Embung Blubuk, Padukuhan Blubuk, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Ika Damayanti Fatmanegara, S.IP (komisi B DPRD Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta), Lurah Sendangsari beserta Perangkat, Warga Masyarakat Padukuhan Blubuk dan Bapak Guntur Yudianto selaku Narasumber.

Pada kesempatan ini Lurah Sendangsari-Suhardi menyampaikan ucapan selamat datang serta  terima kasih kepada Ibu Ika Damayanti Fatmanegara, Dinas Perpustakaan Propinsi DIY dan  narasumber, yang telah melaksanakan program bedah buku.

Buku tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap generasi muda. Beliau berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan bedah buku ini akan membuat masyarakat lebih pandai mensikapi terhadap berbagai perubahan  pada era digital saat ini.

Dalam sambutannya, Ibu Ika Damayanti Fatmanegara menyampaikan  tentang  pentingnya membaca buku di era digital ini karena minat baca orang Indonesia menduduki peringkat ke-10 dari bawah.

“Dilematika  kita sebagai orang tua dengan adanya teknologi digital, disatu sisi manfaat dan kemudahan akses memang sangat kita butuhkan, tetapi di sisi yang lain menyisakan banyak problematika,” tutur Ika.

Selanjutnya pemaparan  dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah DIY dan juga narasumber tentang isi buku. Buku dengan judul “Perubahan di Ujung Jari (Antara Kilauan & Kekhawatiran Anak – Anak Muda di Era Digital)” memiliki makna peran orang tua yang harus menjadi benteng penting dalam menjaga pondasi pola pikir dan tindakan anak yang dipengaruhi gadget.

Ditengah kemudahan yang ditawarkan, orang tua harus waspada terhadap ancaman yang diakibatkan oleh gadget. Orang tua harus tetap memantau dan membatasi akses yang bisa diselami anak dalam gadget.

“Dalam buku ini, saya mencoba mengungkap tentang teknologi, dampak gadget dan pengaruhnya pada tumbuh kembang sang buah hati.” Ujar Guntur Yudianto. (hrp)