Kerja sama Bumdes

16 Oktober 2022
Admin Sendangsari
Dibaca 1.343 Kali
Kerja sama Bumdes

Kerjasama BUMDES Binangun Sendang Artha

Dalam meningkatkan pelayanan BUMDes dan pemberdayaan masyarakat, BUMDes bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain :

1.G2RT Sendangsari

Kalurahan Sendangsari di tahun 2021 menjadi salah satu kalurahan rintisan budaya yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY dalam program G2RT (Global Gotong Royong Tetrapreneur)

Dalam kegiatan ini sifat gotong royong yang menjadi sifat mulia seorang manusia yang sudah diterapkan di kehidupan sehari-hari, diterapkan dalam kegiatan ekonomi (berbisnis) . G2RT sendangsari mempunyai produk unggulan olahan dari  bunga telang dan produk unggulan budaya kegiatan kutukan. Dalam kegiatan ini yang terlibat Pemkal, Bumdes, KWT, Gapoktan, Karang Taruna.

2. UMKM Sendangsari

Untuk memenuhi permintaan klien ketika mengadakan event di aula tentang konsumsi, persewaaan, dan kebutuhan lainnya BUMDes bekerjasama dengan UMKM Sendangsari.

Untuk sistem kerjasama BUMDes, BUMDes mendapat bagi hasil dari UMKM tersebut sebesar 10%  dari total omset.

3. Gapoktan Sendangsari

Dalam berbagai kegiatan BUMDes juga mengadakan display produk unggulan Kalurahan Sendangsari, antara lain produk KWT (olahan makanan)  Gapoktan (beras).

4. Bank BRI dan BPD DIY

Untuk meningkatkan pelayanan dibidang keuangan, BUMDes bekerja sama dengan Bank BRI dan BPD DIY Cabang Wates yaitu menjadi agen BRILINK dan agen BPD DIY.

Dengan bekerjasama dengan kedua Bank tersebut BUMDes dapat melayani transaksi keuangan berupa ATM mini yaitu tarik tunai, transfer, dan juga melayani pembayaran tagihan PBB, listrik, dan tagihan PDAM.

Selain itu BUMDes Binangun Sendang Artha juga telah menjalin kerjasama dengan :

1. KWT Sendangsari

2. UPPKA (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Aseptor)

3. Pokdarwis Sendangsari

4. Bank Sampah

5. PT. Naturindo Fresh