Gebyar PAUD di Sendangsari Berlangsung Meriah, Diikuti Ratusan Orang

01 Juni 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 198 Kali
Gebyar PAUD di Sendangsari Berlangsung Meriah, Diikuti Ratusan Orang

SENDANGSARI-- Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari Sabtu (1/6/2024), Ikatan Pendidik PAUD Sendangsari (IPPS) menyelenggarakan agenda rutin tahunan yaitu Gebyar PAUD. Acara yang dilaksanakan di Sanggar Among Lare,  Padukuhan Pereng, dihadiri anak-anak PAUD se-Sendangsari beserta wali yang kurang lebih berjumlah 500 orang.

 

Hadir pula sebagai tamu undangan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Ketua Himpaudi Kabupaten Kulon Progo, Plt. Panewu Pengasih, Ibu PAUD Kalurahan Sendangsari, Lurah Sendangsari beserta pamong, tokoh-tokoh masyarakat, dan Kepala TK se-Kapanewon Pengasih.

 

Gebyar PAUD tahun ini dapat terselenggara dengan meriah berkat swadaya dari anggota Ikatan Pendidik PAUD Sendangsari dan dukungan dari Pemerintah Kalurahan Sendangsari. Bekerjasama dengan Desa Prima, pihak panitia membuat inovasi baru dengan  menyediakan stand makanan tradisional gebleg tempe dan produk dari Bunga Telang.

 

Sumiyati, Ketua IPPS menjelaskan bahwa Gebyar PAUD kali ini mengusung tema "Dengan Semangat Pancasila Kita Wujudkan Anak Indonesia Sehat, Cerdas, Ceria, Berakhlak Mulia, dan Berbudaya".

 

“Seluruh pendidik dan panitia berbusana Jawa, dengan menggunakan jarik dan kebaya sebagai wujud riil dari "berbudaya". Selain itu, penampilan yang disuguhkan oleh 11 lembaga POS PAUD yang ada di Sendangsari berkaitan dengan budaya seperti Tari, Angklung, dan Dolanan Anak yang berkolaborasi dengan pendidik dan orangtua.” Ujar Sumiyati saat ditemui disela-sela acara.

 

Hal yang tak kalah penting dari pelaksanaan Gebyar PAUD tahun ini adalah Deklarasi “Stop Kekerasan Pada Anak” yang diikuti oleh seluruh wali murid, pendidik, dan tamu undangan. Proses Deklarasi dilakukan dengan metode finger painting, yakni mengecap menggunakan tangan yang telah diberi cat pada kain yang dibentangkan sepanjang 12 meter.

 

Deklarasi kemudian ditutup dengan tanda tangan Kadis Dikpora Kulon Progo, Drs.Nur Wahyudi, M.M., beserta beberapa perwakilan dari tamu undangan dan diakhiri dengan pelepasan balon.

 

Selain penampilan dari masing-masing Pos PAUD, panitia juga menyiapkan stand cooking class membuat geblek, stand dolanan tradisional, dan stand pojok baca. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak PAUD yang mungkin merasa jenuh serta diharapkan mampu meningkatkan bounding antara orangtua dan anak ketika melakukan kegiatan bersama.

 

Sumiyati berharap Gebyar PAUD berikutnya, pelaksanaannya dapat didanai kembali oleh Pemerintah Kalurahan Sendangsari dan dapat merangkul Taman Kanak-Kanak (TK) sesuai saran dari Penilik PAUD sebagai sarana meningkatkan persatuan dan kebersamaan.

 

“Harapan kami, Gebyar PAUD tahun depan dapat lebih meriah , lebih mengedukasi anak-anak serta wali murid dan dapat berkolaborasi dengan anak-anak TK. Dan tentunya semoga dana dari Pemerintah Kalurahan Sendangsari juga bisa bertambah agar kegiatan dapat lebih semarak. Semoga kedepan IPPS semakin jaya.” Pungkas Sumiyati.(ipg)