“Kolah Banyu”, Sekolah Sampah Pertama di Kulon Progo

30 Juni 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 104 Kali
 “Kolah Banyu”, Sekolah Sampah Pertama  di Kulon Progo

Sendangsari-- Ditengah meningkatnya perhatian terhadap isu lingkungan, sebuah inovasi pendidikan baru muncul di berbagai daerah di Indonesia. Sekolah Sampah, yang bertujuan mengajarkan siswa tentang pentingnya pengelolaan limbah dan daur ulang, telah berhasil menarik minat banyak orang tua dan pendidik. Konsep ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tentang pengelolaan sampah, tetapi juga menanamkan nilai-nilai keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan kepada generasi muda."

Selaras dengan hal tersebut, di Kalurahan Sendangsari telah berdiri sekolah sampah baru, yaitu Sekolah Sampah Bantala Abyudaya, yang berada di Padukuhan Kroco RT 20 RW 11. Sekolah Sampah Bantala Abyudaya atau disebut “Kolah Banyu” berdiri atas inisiasi Proklim Bantala Abyudaya dan Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) BEM Universitas AKPRIND Indonesia tahun 2024.

“Lahirnya Sekolah Sampah Bantala Abyudaya atau disebut "Kolah Banyu" menjadi salah satu bentuk nyata penekanan pada pendekatan edukasi dan upaya perubahan perilaku kepada masyarakat untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap sampahnya.  Ke depan, diharapkan sekolah sampah ini juga akan mencakup pendekatan ekonomi dalam penyediaan bahan baku daur ulang untuk mendukung pertukaran ekonomi dalam pengelolaan sampah secara terintegrasi dan berkelanjutan,” ujar Slamet Supriyono selaku Kepala Sekolah terpilih periode 2024-2029.

Slamet  juga menginformasikan bahwa Sekolah Sampah ini akan resmi dibuka pada bulan Agustus tahun ini.

"Untuk Launching "Kolah Banyu" rencana akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 mendatang, " tegasnya.

Selanjutnya, pada hari Sabtu, 29 Juni 2024 Kolah Banyu mengadakan FGD (Forum Group DIscussion) guna menyusun Kurikulum dan Buku Panduan Sekolah Sampah Bantala Abyudaya. Adapun peserta FGD terdiri dari : Kepala DLH Kulon Progo, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kulon Progo, Kepala Dinas PMD Dalduk KB Kulon Progo, Ketua HPAI Kulon Progo,  Panewu Pengasih,  PKB Pengasih, Lurah Sendangsari, Carik Sendangsari,  Ulu-Ulu Sendangsari, Babinsa Sendangsari,  Babinkamtibmas Sendangsari,  Kepala SDN Sendangsari, Kepala SDN Klegen, Kepala SDN Gebangan, Ketua IPPS Sendangsari,  Ketua Pengelola PAUD Kenanga, Pengurus Sekolah Sampah dan BPK Kroco.

Pada Kesempatan ini juga dilakukan Penyerahan Surat Keputusan Lurah Sendangsari tentang Pembentukan Sekolah Sampah Bantala Abyudaya kepada Pengurus Sekolah Sampah Bantala Abyudaya oleh Suhardi selaku Lurah Sendangsari.(hrp)