Seluruh panewu dan lurah di Kabupaten Kulon Progo dikumpulkan di Aula Adikarta Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulon Progo, Rabu (17/03/2020). Mereka dikumpulkan menanggapi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo yang juga hadir dalam rapat ini meminta kepada seluruh panewu dan lurah untuk menggerakkan masyarakatnya mencegah penyebaran Covid-19. Pasalnya pencegahan penyebaran Covid-19 bukan peran pemerintah semata.

"Sesuai instruksi gubernur DIY, kita perlu mengoptimalkan gerakan masyarakat guna memerangi virus ini atau paling tidak menyikapi kondisi sekarang untuk tetap tenang. Sehingga saya mohon ada peran panewu dan lurah untuk dapat menggerakkan masyarakatnya," ujar Sutedjo, Rabu (18/03/2020).

Dikatakan oleh Sutedjo, salah satu cara sederhana pencegahan Corona ialah dengan menerapkan pola hidup sehat. Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan panic buying menyikapi pandemi Corona. 

"Optimalisasi gerakan masyarakat hidup sehat merupakan peluang pencegahan virus ini," ucapnya.

Budaya hidup sehat itulah yang musti terus disosialisasikan kepada masyarakat dengan perantaranya dari peran panewu dan lurah. Di samping instansi terkait tingkat kabupaten.

Sumber