You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Sendangsari
Kalurahan Sendangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Posyandu Kenanga Kroco Sabet Juara 1 Lomba Inovasi Kesehatan Astra

ahmed 05 Desember 2022 Dibaca 141 Kali
Posyandu Kenanga Kroco Sabet Juara 1 Lomba Inovasi Kesehatan Astra

Posyandu Kenanga Padukuhan Kroco sabet juara 1 lomba inovasi kesehatan yang diadakan oleh PT. Astra Internasional.

Pengumuman Awarding Lomba Inovasi Kesehatan Astra tersebut di kirim ke Pengelola Kampung Iklim Bantala Abyudaya, Minggu 4 Desember 2022 melalui link video drive.

Beberapa Kategori kejuaraan selain Inovasi Posyandu, juga diumumkan juara Aorta Inovation Challenge, Gagasan Aksi Pesantren Sehat, Kader Avicenna Astra, dan Inovasi Keluarga Sehat.

Dukuh Kroco Slamet Supriyono mengapresiasi kinerja para Kader dan Masyarakat yang secara intens melakukan berbagai bentuk kegiatan inovasi pemberdayaan masyarakat.

"Hasil kerja keras Kader Posyandu, BKB dan Penegelola PAUD, bersama Pengelola Kampung Iklim, Masyarakat mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat Kalurahan," katanya.

"Sekarang hasilnya menjadi nyata, dan telah kita terima dalam bentuk penghargaan-penghargaan," ujar Slamet.

Ide inovasi ini muncul karena dilatar belakangi kesibukan orang tua balita dalam bekerja untuk memenuhi tuntutan kebutuhan rumah tangga sehingga pengasuhan anak balitanya dititipkan kepada kakek/nenek dari balita tersebut dan berakibat kurangnya perhatian dalam pemenuhan gizi anak balita sehingga berakibat pertumbuhan anak balita tersebut terhambat (stunting).

Posyandu Kenanga adalah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang sudah menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat, dan merupakan posyandu terintegrasi dengan PAUD, BKB, dan SDIDTK mendapatkan dukungan banyak pihak untuk melakukan upaya-upaya dalam mengatasi masalah stunting dengan membuat inovasi yang disebut “gemati” kependekan dari gerakan bersama atasi stunting.

Inovasi gerakan bersama atasi stunting (gemati) diterapkan dalam mengatasi permasalahan stunting diantaranya : 1. Garpusatula (Gerakan Pungut Sampah Orang Tua Balita) 2. Klunting (Koin Kamling Untuk Stunting) 3. Dasa Pelita (Dasawisma Peduli Balita) 4. Gepak Suting (Gerakan Bapak Asuh Untuk Stunting) 5. Berita Penting (Pemberian Tablet Tambah Darah Untuk Cegah setunting) 6. Posyandu Berseri (Berserinergi terintegrasi) 7. Gerdasih (Gerakan Sadar Air Bersih) 8. Kelingan Pembayun (Kerjasama Lintas Program Dengan Pemberdayaan Dusun

Inovasi gerakan bersama atasi stunting (gemati) sangat mungkin dan memiliki potensi untuk diadaptasi/direpiklasi/disesuaikan/mengimbas dan diterapkan oleh tempat lain mengingat Dukuh Kroco selaku Ketua Kampung KB sering menjadi narasumber dan motivator pengembangan kampung KB di DIY.

Kampung KB Kroco sudah sering dikunjungi oleh Deputi BKKBN RI, Deputi Kemen PAN RB dan Pengelola Kampung KB baik dari Pengelola Kampung KB di DIY maupun dari Luar DIY. Tahun 2022 Posyandu Kenanga Kroco mendapatkan penghargaan juara 1 lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Kulon Progo dan maju mengikuti lomba Posyandu Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan liputan kegiatan bisa dilihat di media sosial salah satunya di warta desa websitenya Pemerintah Kalurahan Sendangsari.

Keberlanjutan Inovasi gerakan bersama atasi stunting (gemati) tidak lepas dari dukungan banyak hal. Pengelola Pengurus Posyandu yang selalu mendapatkan penguatan kapasitas berupa pembinaan dan pendampingan dengan dukungan sarana pra sarana baik gedung Posyandu yang permanen dan menetap dan sarana pra sarana posyandu (timbangan, dacin/injak, KMS/Buku KIA, KMS Bumil, Alat Ukur TB, Meja Kursi semua lengkap dengan kondisi baik (tidak rusak). Posyandu Kenanga merupakan Posyandu terintegrasi karena Kader di Posyandu Kenanga kadernya beragam, tidak hanya kader gizi/kesehatan saja, tetapi ada kader PAUD, BKB, BKR, BKL, PIKR dan lain-lain.

Kader Posyandu Kenanga terus aktif dalam mempublikasikan program posyandu salah satunya dengan memasang poster-poster/infomrasi mengenai kesehatan materi promosi kesehatan di Posyandu Kenanga. Lingkungan Posyandu yang bersih bahkan ada taman toga dan taman sayur tentu sangat membantu edukasi kepada masyarakat khususnya orang tua balita dalam pemanfataan lahan pekarangan untukm memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Posyandu Kenanga dalam opersional kegiatannya mendapatkan sumber pendanaan secara swadaya dari masyarakat seperti yang tersebut signifikasi diatas secara rutin dan kontinyu bukti kebersamaan dan budaya luhur gotong royong masih dilestarikan oleh masyarakat Pedukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Inovasi gerakan bersama atasi stunting (gemati) ini akan tetap berjalan karena adanya kolaborasi berbagai pemangku kepentingan diantaranya : 1. Pemerintah Kalurahan Sendangsari senantiasa memberikan pendampingan dan pembinaan kepada kader posyandu dan memberikan alokasi untuk kegiatan posyandu. 2. Puskesmas Pengasih I aktif memberikan dukungan fasilitasi penguatan kapasitas kader posyandu dengan pembinaan/pendampingan dan pelatihan-pelatihan bagi kader posyandu 3. Penyuluh KB Kapanewon Pengasih aktif memberikan dukungan fasilitasi penguatan kapasitas kader posyandu dengan pembinaan/pendampingan dan pelatihan-pelatihan bagi kader posyandu juga bagi pengurus kampung kb. 4. Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo yang telah melakukan monitoring dan evaluasi serta memberikan penghargaanPosyandu Kenanga. 5. PT Astra Internasional telah menetapkan Kampung Iklim Bantala Abyudaya sebagai Kampung Berseri Astra dengan program 4 Pilar (Pendidikan, Kesehatan, Kewirausahaan dan Lingkungan).

Sugiyanto sebagai Ketua Kampung Iklim Astra juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Pengelola Posyandu Kenanga yang tanpa lelah bekerja melakukan inovasi.

"Buah dari kerja keras itu membuktikan bahwa kita wajar menerima dua penghargaan di tahun ini yakni juara 3 Pengelolaan Posyandu Tingkat DIY dan terbaik 1 karya Inovasi Posyandu dalam lomba inovasi kesehatan yang diselenggrakan PT Astra Internasional," ungkapnya.

"Tentu prestasi itu tidak instan untuk bisa kita dapatkan," tandasnya.

"Dibutuhkan kerja keras, kesungguhan, dan semangat yang besar untuk terus berinovasi," terangnya.

Pihaknya berharpa prestasi tersebut dapat terus mendorong semangat para kader untuk terus meningkatkan inovasi pemberdayaan masyarakat.

Ini menjadi tanggung jawab kita untuk terus meningkatkan inovasi. Bukan hanya cukup sampai disini saja.

 

[Video Awarding Lomba Inovasi Kesehatan Astra]

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,313,004,291
0%
Belanja
Rp0 Rp3,552,485,925
0%
Pembiayaan
Rp0 Rp-439,481,634
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp0 Rp131,010,000
0%
Hasil Aset Desa
Rp0 Rp38,800,000
0%
Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp0 Rp40,000,000
0%
Dana Desa
Rp0 Rp2,018,983,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp179,405,424
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp866,605,867
0%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp0 Rp1,000,000
0%
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp0 Rp100,000
0%
Bunga Bank
Rp0 Rp3,000,000
0%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp0 Rp34,100,000
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp0 Rp1,547,415,073
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp0 Rp1,461,300,604
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp0 Rp266,233,498
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp0 Rp124,386,750
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp0 Rp153,150,000
0%