Pelaksanaan Posyandu Remaja Mekar Asri di Hadiri Puskesmas dan KUA

10 September 2023
ahmed
Dibaca 225 Kali
Pelaksanaan Posyandu Remaja Mekar Asri di Hadiri Puskesmas dan KUA

Posyandu Remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahaan dalam memperoleh pelayanan kesehatan. ,

Di Padukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih pendampingan dan pembinaan kepada remaja yang dilakukan oleh lintas sektor sudah bisa berjalan dengan baik, terbukti sudah terbentuk Posyandu Remaja “MEKAR ASRI”. Selama ini Posrem “MEKAR ASRI” didampingi Pelaksana PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) di UPT Puskesmas Pengasih I. Posyandu remaja adalah salah satu indikator kinerja PKPR . Setiap puskesmas, PKPR wajib membina 1 posyandu remaja dan memberikan pelayanan konseling pada remaja di puskesmas. Saat ini telah membina 2 posyandu remaja aktif di Padukuhan Kroco dan Serang. Pembinaan dilakukan secara tim dengan materi pembinaan mengacu juknis dan modul pendidikan kesehatan remaja di luar sekolah .

Pada hari Sabtu tanggal 09 September 2023 dilaksanakan posyandu remaja di Gedung Paud Kenanga dengan dihadiri Petugas Puskesmas Pengasih 1 dan juga dari petugas KUA Kapanewon Pengasih. Kegiatan Posyandu Remaja di Padukuhan Kroco rutin dilaksanakan setiap bulannya dengan menggandeng beberapa mitra untuk memberikan penyuluhan, informasi dan edukasi kepada remaja.