Penilaian Lomba Kelompok PIK R  Mekar Asri-Kroco Berjalan Sukses

22 Mei 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 74 Kali
Penilaian Lomba Kelompok PIK R  Mekar Asri-Kroco Berjalan Sukses

Sendangsari-- Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Mekar Asri Padukuhan Kroco mengikuti lomba Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk dan KB) pada Selasa, 21 Mei 2024.

Penilaian lomba yang diadakan di Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga Kampung KB Sendangsari Padukuhan Kroco dihadiri oleh Tim Juri dari Kabupaten Kulon Progo, Lurah Sendangsari beserta perangkat, Babinsa, Babinkamtibmas, Perwakilan Puskesmas Pengasih 1, Ketua Kampung KB Sendangsari, serta PLKB Kapanewon Pengasih.

Lurah Sendangsari-Suhardi, dalam sambutannya menekankan pentingnya optimalisasi kegiatan PIK R karena memiliki dampak positif bagi perkembangan remaja.

"PIK R bukan hanya sarana informasi, tetapi juga tempat pembentukan karakter dan pengembangan potensi remaja,"ujar Suhardi.

Aspek penilaian dalam lomba ini meliputi administrasi serta wawancara yang mencakup kegiatan dan profil dari PIK R Mekar Asri. Triyanto, Ketua PIK R Mekar Asri Kroco, memberikan presentasi tentang profil PIK R dan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelompoknya. Pemaparan ini memberikan gambaran jelas mengenai kiprah PIK R Mekar Asri dalam mendukung dan memberdayakan remaja di Padukuhan Kroco.

Selain penilaian administratif dan wawancara, acara ini juga menjadi ajang bagi remaja PIK R untuk menunjukkan hasil kerja keras mereka. Tim juri yang hadir memberikan apresiasi atas semangat dan dedikasi para anggota PIK R Mekar Asri.

Serangkaian acara yang dilaksanakan dari pagi hingga siang hari, bahkan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya tidak membuat anggota kelompok PIK R Mekar Asri mengeluh. Meski hasil penilaian belum diumumkan, semangat dan antusiasme para peserta memberikan warna tersendiri pada acara ini. Pengumuman hasil penilaian akan disampaikan pada waktu yang berbeda.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan PIK R Mekar Asri Kroco dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi kelompok PIK R lainnya. Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang lomba, tetapi juga sebagai momentum untuk memotivasi remaja dalam berkarya dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

“Menang kalah itu hal yang lumrah dalam setiap perlombaan. Yang terpenting adalah konsistensi kelompok yang harus terus dijaga, tetap semangat dan terus berkembang. Buktikan bahwa remaja Padukuhan Kroco itu berkualitas, remaja dengan segudang karya serta memberi kontribusi besar bagi pembangunan bangsa,”tutur Slamet Supriyono selaku Dukuh Kroco. (raf)