“SIGABUL” (SIGABUS ANTI BULLYING), Aplikasi Pencegah Bullying Inovasi SD N Blubuk

29 Mei 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 75 Kali
“SIGABUL” (SIGABUS ANTI BULLYING), Aplikasi Pencegah Bullying Inovasi SD N Blubuk

Sendangsari-- Bullying di sekolah adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan emosional siswa. Bullying dapat mencakup berbagai bentuk, termasuk fisik, verbal, sosial, dan cyberbullying.

Selasa, 28 Mei 2024 SD Negeri Blubuk secara resmi me-launching aplikasi “Sigabul” pada acara “Panen Karya dan Launching Aplikasi Sigabul” guna mengatasi maraknya kasus bullying yang sering terjadi di sekolah akhir – akhir ini.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SD N Blubuk menyampaikan ucapan selamat datang kepada para hadirin tamu undangan serta menjelaskan maksud dan tujuan pembuatan aplikasi Sigabul, dengan harapan tidak ada lagi kasus bullying serta menjadi sarana untuk saling menghargai antarsiswa.

“Sigabul itu adalah sigabus anti bullying. Kenapa sigabus,  itu karena terinspirasi dari ikan gabus yang menjadi icon masyarakat Padukuhan Blubuk,” tutur Ibu Lestari Esti Rahayu, S.Pd. SD, M. Pd selaku Kepala Sekolah SD N Blubuk.

 “Panen Karya dan Launching Aplikasi Sigabul” yang diselenggarakan di halaman sekolah, dihadiri oleh banyak pihak, mulai dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga yang diwakili kepala bidang, Pengawas Sekolah Dasar Kapanewon Pengasih, Ketua Komite SDN Blubuk, bapak-ibu guru TK Al Hidayah, TK ABA Girinyono, TK Blubuk, tokoh masyarakat, wali murid SDN Blubuk, dan masyarakat Padukuhan Blubuk.

Pada kesempatan ini perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga meresmikan aplikasi “Sigabul” dan mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam membuat aplikasi Sigabul tersebut. Ia berharap aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi seluruh warga sekolah.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Bapak Agus Sulistyono selaku Dukuh Blubuk atas peresmian ini.

 “Selamat atas launching-nya aplikasi Sigabul, tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas penggunaan ikon Padukuhan Blubuk, yakni ikan gabus telah menjadi bagian dari dibuatnya aplikasi sigabul,” ujar Agus Sulistyono.

Sebuah  harapan besar tersemat setelah aplikasi “Sigabul” di-launching-kan adalah bullying tidak terjadi antar siswa khususnya di SD N Blubuk dan sekolah-sekolah lain, sehingga dapat tercipta lingkungan yang lebih aman dan mendukung bagi semua siswa.(hrp)