PPS Sendangsari Gelar Rakor Jelang PILKADA Kulon Progo 2024

13 Juni 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 89 Kali
PPS Sendangsari Gelar Rakor Jelang PILKADA Kulon Progo 2024

Sendangsari-- Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kalurahan Sendangsari mengadakan rapat koordinasi terkait mekanisme pendaftaran Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kulon Progo tahun 2024 pada hari Rabu, 12 Juni 2024.

Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Kalurahan Sendangsari, rapat dihadiri oleh Ketua beserta anggota PPS Sendangsari,  Lurah, Carik,  dan Dukuh se-Kalurahan Sendangsari. Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Apri Gimanto selaku Ketua PPS Sendangsari.

Dalam paparannya, Apri Gimanto menyampaikan materi mengenai seleksi Pantarlih dan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Apri juga menekankan bahwa jumlah TPS yang dibutuhkan untuk Pilkada kali ini tidak sebanyak saat Pemilu Presiden dan Legislatif kemarin. Pilkada Kabupaten Kulon Progo sendiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 November 2024, yang akan memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo.

Pada rapat ini, para Dukuh diminta untuk menentukan lokasi potensial yang akan dijadikan TPS, mengingat jumlahnya tidak sebanyak kemarin.

"Jadi karena jumlah TPS dalam satu kalurahan berkurang, mohon untuk ditentukan lokasi-lokasi strategis di setiap wilayah padukuhan." Ujar Apri Gimanto.

Di Kalurahan Sendangsari sendiri akan terdapat 16 TPS dengan jumlah DPT per TPS kurang dari 600 pemilih. Hanya ada 6 padukuhan dengan 2 TPS, sedangkan 4 padukuhan lainnya 1 TPS.

Mekanisme perekrutan Pantarlih akan dilakukan secara terbuka, dengan bantuan para Dukuh untuk mensosialisasikan hal ini kepada warga di wilayah masing-masing. Pendaftaran Pantarlih dijadwalkan dari tanggal 13 - 19 Juni 2024 dengan syarat dan ketentuan yang tertera pada pamflet sosialisasi. Pemutakhiran DPT pada setiap TPS akan dikerjakan oleh 2 personil Pantarlih, sehingga dibutuhkan 32  orang Pantarlih dalam satu kalurahan.

"Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan persiapan Pilkada Kulon Progo tahun 2024 di Kalurahan Sendangsari dapat berjalan lancar dan sukses. Pemerintah Kalurahan Sendangsari juga menghimbau kepada seluruh warga untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses pemilihan demi kelancaran dan kesuksesan Pilkada mendatang," tutur Suhardi selaku Lurah Sendangsari. (rf)