Merti Padukuhan, Warga Kroco AdakanTawu Sendang Gondangsari

15 Maret 2023
ahmed
Dibaca 49 Kali
Merti Padukuhan, Warga Kroco AdakanTawu Sendang Gondangsari

Sendangsari (12/03/23) Warga masyarakat Pedukuhan Kroco, Sendangsari, Pengasih, Kabupaten Kulon Progo memilikii tradisi yang menarik. Secara rutin, masyarakat setempat mengadakan Tawu Sendang Gondangsari.

Pada tahun ini kegiatan Tawu Sendang Gondansari sangat meriah karena bersamaan dengan kegiatan Merti Padukuhan yang di danai dari Dana Istimewa.

Bagi warga Pedukuhan Kroco, tradisi Merti Dusun dan Tawu Sendang merupakan tradisi yang tidak bisa ditinggalkan setiap tahunnya dilaksanakan.

“Tradisi ini meski secara sederhana, masyarakat tetap melaksanakan. Sudah tradisi turun temurun,” kata Slamet Supriyono selaku Dukuh Kroco.

Sebelum dilaksanakan tawu sendang, kata Slamet, warga masyarakat melakukan kegiatan antara lain kegiatan membersihkan lingkungan termasuk makam diwilayah setempat, malam tirakakan, ziarah makam ke leluhur cikal bakal Padukuhan Kroco termasuk di makam Dukuh pertama, dukuh ke dua, dan pamong kalurahan yang dimakamkan di Makam Jati Semutan Padukuhan Kroco. Pada hari berikutnya dilaksanakan kegiatan Prosesi Tawu Sendang Gondangsari, Gunungan hasil bumi diarak dari lokasi Sumur ke Joglo Bantala Abyudaya dengan diiringi Bregodo Cokro Joyo. Kemirahan terlihat masyarakat tumpah ruwah disepanjang jalur kirab sampai Joglo dan tradisi Udik-Udik uang koin dilaksankan pemangku wilayah menebar uang koin tersebut selanjutnya diambil warga masyarakat secara berebutan. “Udik-udik adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahas Esa dengan membagikan koin kepada masyarakat” jelas Slamet.

Acara dilanjutkann dengan kembul Donga dan makan bersama dengan diriingi pentas kesenian dari Sanggar Seni Komunitas Wolulas Padukuhan Kroco. Sedangkan acara penutup yaitu ngalap berkah Gunungan Hasil Bumi.