Pelaksanaan Posbindu PTM di Padukuhan Kroco Bulan September 2023

04 September 2023
ahmed
Dibaca 55 Kali
Pelaksanaan Posbindu PTM di Padukuhan Kroco Bulan September 2023

Sendangsari (03/09/2023) Pengurus Posbindu Kenanga Padukuhan Kroco melaksanakan kegiatan pemeriksaan Kesehatan yang didampingi dari petugas Pusekesmas pengasih 1. Kegiatan Posbindu ini dilaksakana sebulan sekali yang diawali dengan pengecekan tensi, pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut. Kegiatan ini, rutin dilaksanakan setiap minggu ke dua dalam satu bulan. Acara posbindu berlangsung dari pukul 09.00 - 11.30 WIB. Pelaksanaan Posbindu ini juga didahului dengan kegiatan senam Bersama.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM

Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi ancaman yang serius, khususnya dalam perkembangan kesehatan masyarakat. Salah satu strategi yang dikembangkan pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular ini, kemudian dikembangkan model Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) berbasis masyarakat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).