Kalurahan Sendangsari Gelar Malam Tirakatan Hari Jadi ke-269 DIY

12 Maret 2024
ipg
Dibaca 162 Kali
Kalurahan Sendangsari Gelar Malam Tirakatan Hari Jadi ke-269 DIY

SENDANGSARI – Tirakatan bagi masyarakat Jawa adalah sarana untuk mengingat peristiwa-peristiwa khusus. Falsafah budaya Jawa mengartikan tirakatan adalah sama halnya seperti menunaikan tugas dan fungsi sosial melalui hadeping tekad (tekad kuat), cloroting batin (batin yang bersih dan bercahaya), sura dira jayaningrat lebur dening pangestuti (bersatu dan bekerja sama), sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab sih kawilujengan langgeng (untuk keselamatan).

Kalurahan Sendangsari turut merayakan Hari Jadi ke-269 Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggelar malam tirakatan di Gedung PKK Kalurahan Sendangsari, Selasa (12/3/2024). Lurah Sendangsari beserta jajaran pamong kalurahan dan staf, Dukuh se-Sendangsari, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPKal), dan perwakilan Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK) juga tampak menghadiri acara yang diikuti oleh 340 kalurahan se-DIY.

Acara berlangsung secara hybrid, yaitu dengan acara langsung disertai dengan acara zoom meeting dengan Pemerintah Derah Istimewa Yogyakarta. Hadir pada acara tersebut Lurah beserta pamong dan staf, Ketua LPMK, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Acara dibuka dengan menyayikan Lagu Indonesia Raya, doa dan zoom meeting. Acara diakhiri pukul 22.00 dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama.