You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Sendangsari
Kalurahan Sendangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Pimpinan dan Anggota DPRD Kulon Progo Blusukan ke Bank Sampah, Jaring Aspirasi

ahmed 02 April 2022 Dibaca 126 Kali
Pimpinan dan Anggota DPRD Kulon Progo Blusukan ke Bank Sampah, Jaring Aspirasi

Sendangsari– Rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulon Progo yang dipimpin Wakil Ketua I H. Ponimin, S.E.,M.M melakukan rangkaian kunjungan kerja ke sejumlah Bank Sampah dan Kelompok Swadaya Masyarakat, Rabu (30/3/2022).

Ponimin mengatakan, silaturahmi dan kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendapatkan refensi terkait dengan pengelolaan sampah.

“Urusan persampahan menyangkut kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, percepatan pembangunan di Kabupaten Kulon Progo dengan keberadaan bandara berikut kawasan penyangga harus dipersiapkan bagaimana pengelolaan sampahnya,” kata Ponimin di sela-sela mengunjungi Bank Sampah Dhuawar Sejahtera di Padukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih.

Ditambahkan, pada prinsipnya DPRD Kabupaten Kulon Progo mendukung upaya optimalisasi pengelolaan sampah mulai dari tingkat rumah tangga, termasuk yang dimotori Bank Sampah dan KSM.

“Kami mengapresiasi kinerja Bank Sampah dan KSM. Meski dengan asset yang terbatas namun aktif dalam berkegiatan. Permasalahan sarpras dan payung hukum akan kita pikirkan bersama. Kita dorong untuk perumusan kebijakan ke depan,” ujar Ponimin.

Kunjungan di Bank Sampah Dhuawar Sejahtera diterima Lurah Sendangsari Suhardi dan Direktur Bank Sampah Febriyanti.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kulon Progo Nur Eni Rahayu, S.E menerangkan, saat ini pengelolaan sampah di Kabupaten Kulon Progo masih dipisah kewenangannya dalam 2 (dua) Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pengurangan sampah menjadi tupoksinya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sedangkan penanganan sampah tupoksinya ada di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP). Kami mengharapkan upaya pengurangan sampah juga memperoleh alokasi anggaran yang cukup,” terang Eni yang hadir dalam kunjungan bersama dengan Anggota Komisi III Drs. Sasmita Hadi dan Sarkawi.

Eni menegaskan, masalah sampah termasuk urgent dan penting. Oleh karena itu, ia mendorong Pemerintah Kalurahan berperan aktif mensupport eksistensi Bank Sampah dan KSM.

“TPA Sampah di Banyuroto jangan sampai seperti di Piyungan. Timbulan sampah yang kemudian lari ke TPA perlu dikurangi. Kami mengharapkan kepada setiap Kalurahan agar memperhatikan, syukur mengalokasikan sebagian dananya untuk operasional dan kelembagaan Bank Sampah,” pinta Eni yang bertugas di Komisi yang membidangi pembangunan tersebut.

Senada, Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si menuturkan, Kalurahan sebenarnya dapat mengakomodir Bank Sampah dengan APBKal-nya.

“Kita lihat realita di lapangan bahwa menjadi pengurus Bank Sampah itu relawan. Perjuangan mereka patut kita dukung,” tutur Sumarsana yang mendampingi kunjungan.

DLH Kulon Progo, kata Sumarsana, mendorong agar sekolah-sekolah menjalin kemitraan dengan Bank Sampah yang terdekat. Di lingkup perkantoran, pihaknya menggalakkan Program Sedekah Sampah.

“Selain itu, kami juga mendorong penyusunan Peraturan Kalurahan tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dengan demikian, sampah baik organik maupun anorganik bisa terkelola dan habis di tingkat desa, bahkan Rumah Tangga,” imbuh Sumarsana.

Adapun Bank Sampah yang mendapatkan kunjungan adalah BS Dhuawar Sejahtera (Padukuhan Kroco Sendangsari Pengasih), BS Permika Muda (Padukuhan Karangasem Sidomulyo Pengasih), BS Dadi Resik (Kularan Triharjo Wates), dan KSM Asri Mulyo (Bendungan Lor Wates).

Dalam kesempatan tersebut, Dukuh Karangasem Sudi Winarto mengungkapkan, Bank Sampah Permika Muda yang dipelopori oleh Karang Taruna setempat terkendala dengan bangunan tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang belum layak.

“Kami memohon perhatiannya kondisi bangunan Bank Sampah seperti ini adanya. Dukungan kami perlukan sehingga Bank Sampah ini semakin maju dan menjadi embrio bagi Bank Sampah-Bank Sampah lain di Kalurahan Sidomulyo,” ucap Sudi Winarto yang menerima kunjungan bersama Direktur Bank Sampah Permika Muda Irvan Ari Yuliansyah dan anggota.

Direktur Bank Sampah Dadi Resik Dwi Mulyono menyampaikan usul agar instansi yang berwenang memasang CCTV di Jembatan Bendungan sehingga para pelaku yang membuang sampah sembarangan dapat diketahui dan sadar akan perilakunya.

Sementara itu, Ketua KSM Asri Mulyo Bendungan Suharto mengeluhkan masalah manajemen dan komunikasi.

“Jujur kami kewalahan dalam memilah sampah. Keterbatasan tenaga pilah menjadi kendala tersendiri karena kuantitas sampah yang masuk sedemikian banyak,” kata Suhartono. (Prd)

Sumber : dlh.kulonprogokab.go.id

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,313,004,291
0%
Belanja
Rp0 Rp3,552,485,925
0%
Pembiayaan
Rp0 Rp-439,481,634
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp0 Rp131,010,000
0%
Hasil Aset Desa
Rp0 Rp38,800,000
0%
Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp0 Rp40,000,000
0%
Dana Desa
Rp0 Rp2,018,983,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp179,405,424
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp866,605,867
0%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp0 Rp1,000,000
0%
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp0 Rp100,000
0%
Bunga Bank
Rp0 Rp3,000,000
0%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp0 Rp34,100,000
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp0 Rp1,547,415,073
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp0 Rp1,461,300,604
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp0 Rp266,233,498
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp0 Rp124,386,750
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp0 Rp153,150,000
0%