Tim Mandiri Pangan Sendangsari Lakukan Kunjungan Studi Banding di Bhumi Nararya Farm

28 April 2022
why
Dibaca 189 Kali
Tim Mandiri Pangan Sendangsari Lakukan Kunjungan Studi Banding di Bhumi Nararya Farm

Sendangsari (28/04/2022) Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai pengelolaan budidaya ternak kambing, khususnya manajemen pakan dan kontruksi kandang, Tim Mandiri Pangan kalurahan sendangsari kapanewon Pengasih kabupaten Kulon Orogo melakukan kunjungan studi banding ke Bhumi Nararya Farm yang terletak di lereng Gunung Merapi tepatnya padukuhan Kemirikebo kalurahan Girikerto Kapanewonn Turi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 21 April 2022.

Dalam kunjungan studi banding ini Tim mandiri pangan kalurahan Sendangsari didampingi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kulon Progo serta Dosen Fakultas Teknik UNY.

Sesampainya dilokasi rombongan langsung diarahkan menuju tempat gudang penyimpanan pakan yang berisikan konsentrat dan kangkung kering. Kemudian dilanjutkan menuju kandang ternak pejantan yang bersanding dengan mesin pengolahan pakan ternak hijauan dan mesin mixer pencampur.

Lokasi selanjutnya yaitu kandang utama yang berisikan sekitar 650 kambing jenis sanen. Kambing import jenis ini merupakan kambing perah. Didalam kandang kambing dikelompokkan dari indukan siap kawin, indukan melahirkan, kambing siap perah dan sudah perah serta anakan.

Selain untuk perkembang biakan kambing, bhumi nararya farm juga memproduksi susu kambing dan keju dengan alat yang canggih. Kapasitas produksinya mencapai sekitar 250 liter per hari.

Diharapkan kalurahan sendangsari dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk diterapkan dalam program mandiri pangan.