You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Sendangsari
Kalurahan Sendangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Penyuluhan Kesehatan Penyakit Mental

ahmed 29 Januari 2023 Dibaca 76 Kali
Penyuluhan Kesehatan Penyakit Mental

Artikel Penyuluhan Kesehatan Mengenai Penyakit Mental Dalam Rangka KKN Di Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih Kabupaten Kulonprogo Provinsi DI Yogyakarta

Oleh : M.Hafizd Aqila-Mahasiswa Fakultas Farmasi UGM Menjaga Kesehatan Mental

● Apa Itu Kesehatan Mental ?

Kesehatan mental adalah suatu hal yang sering dianggap sepele oleh orang banyak. Hal ini dikarenakan kesehatan mental bukanlah sesuatu yang dapat diukur seperti kesehatan fisik. Seseorang mungkin terlihat senang dan bahagia di luar, namun sebenarnya sedang mengalami gangguan mental. Karena sulitnya mendeteksi hal ini, kita harus memberikan perhatian terhadap kesehatan mental. Namun, apa sebenarnya Kesehatan mental?

Menurut WHO, Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan yang disadari secara individu, yang di dalamnya termasuk kemampuan seseorang untuk mengelola stress kehidupan yang wajar. Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental juga dapat mengalami naik dan turun. Kesehatan mental dapat mempengaruhi sifat dan perilaku seseorang. Perubahan sifat dan perilaku ini disebut gangguan mental atau gangguan jiwa. Hal-hal inilah yang harus dapat kita perhatikan, baik memperhatikan kesehatan mental milik kita sendiri maupun orang lain.

Masalah kesehatan mental di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) perlu diatasi karena masih tingginya jumlah penderita gangguan jiwa di wilayah DIY. Selain itu, kasus gangguan jiwa yang terjadi mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) nasional pada tahun 2018 menunjukkan prevalensi rumah tangga dengan anggota yang mengalami gangguan jiwa skizofrenia sebesar 10,4 per mil. Ini berarti setiap 1000 rumah tangga terdapat 10 rumah tangga yang memiliki anggota yang mengalami skizofrenia.

Secara regional, Kabupaten Kulon Progo memiliki tingkat gangguan jiwa skizofrenia paling tinggi dibanding kabupaten lain. Berdasarkan hasil Riskesdas nasional tahun 2018, prevalensi anggota keluarga yang mengalami gangguan skizofrenia di kulon progo sebesar 19,37 per mil. Artinya setiap 1000 rumah tangga di kulon progo terdapat 19 rumah tangga dengan anggota yang mengalami gangguan skizofrenia. Data terkini menunjukkan penderita skizofrenia di Kabupaten Kulon Progo berjumlah 1.613 orang yang tersebar dalam 12 kapanewon. Selain gangguan jiwa skizofrenia, depresi dan gangguan mental emosional juga meningkat di kabupaten Kulon Progo tiap tahunnya.

Khusus di Kalurahan Sendang sari tercatat 7 penduduk yang sedang mengalami gangguan Kesehatan mental.Hal yang perlu diperhatikan adalah mencari faktor penyebab dan cara pencegahan dan penanganan. Kesehatan mental yang menurun dapat menyebabkan beberapa gangguan mental seperti berikut :

- Skizofrenia

Skizofrenia adalah sebuah gangguan mental berat yang mempengaruhi perilaku, emosi dan cara komunikasi seseorang. Penderita skizofrenia mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir dan perubahan perilaku.

-Anxiety Disorder

Anxiety disorder adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa cemas atau khawatir yang menetap bahkan memburuk. Keadaan ini juga dapat menyebabkan gejala fisik seperti berkeringat, pernafasan lebih cepat dan sulit tidur.

- Depresi Depresi adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi keadaan hati seseorang. Orang yang menderita depresi biasanya mengalami sedih yang berkepanjangan dan kehilangan minat untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya diminati.

- Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

PTSD adalah sebuah gangguan mental yang terjadi setelah seseorang mendapatkan sebuah pengalaman yang mengerikan dan meninggalkan trauma yang membekas. Orang yang mengalami PTSD biasanya mengulang kembali ingatan tentang pengalaman mengerikan yang sebelumnya telah dialami.

● Bagaimana cara menjaga Kesehatan mental ?

Tubuh manusia terdiri dari fisik dan mentalnya, keduanya sama pentingnya dalam kesehatan seseorang. Kesehatan fisik dan mental sama-sama perlu dijaga agar tidak menurun karena keduanya memiliki konsekuensi yang serius bila tidak dijaga. Nah jadi bagaimana kita menjaga Kesehatan mental kita?

Sebenarnya menjaga kesehatan mental bukanlah hal yang sulit. Tetapi karena kurangnya perhatian terhadap kesehatan mental, banyak orang yang lalai dalam menjaga kesehatan mental miliknya. Beberapa hal untuk menjaga kesehatan mental adalah sebagai berikut:

- Istirahat

Semua manusia membutuhkan istirahat. Istirahat yang dimaksud disini bukan hanya mengistirahatkan fisik, tetapi juga mengistirahatkan pikiran. Ketika terasa pekerjaan terlalu banyak, menjauhlah dan lakukan hal yang tidak membuat semakin stress, setidaknya hingga merasa baik. Berlarut-larut dalam suatu pekerjaan saat merasa lelah dapat menyebabkan berkurangnya kesehatan mental

- Olahraga

Bukan hanya menjaga kesehatan fisik, olahraga adalah salah satu hal yang bisa menjaga kesehatan mental. Ini karena ketika memulai atau mengakhiri olahraga tubuh melepaskan endorphin yang menyingkirkan stress dan meningkatkan suasana hati. Olahraga yang dimaksud tidak perlu berupa olahraga berat, tetapi dapat berupa olahraga ringan seperti berjalan kaki atau melakukan senam singkat. Direkomendasikan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit sehari.

- Tidur tepat waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurangnya tidur dapat berefek terhadap kesehatan mental. Saat tidur pikiran kita dapat beristirahat tanpa diganggu oleh pikiran-pikiran lain. Karena itu kita harus menjaga waktu tidur kita agar tetap optimal. Waktu tidur yang direkomendasikan adalah 7-8 jam per hari.

Sesungguhnya Kesehatan mental sepenting kesehatan fisik. Bila kesehatan mental menurun konsekuensinya juga seburuk ketika kesehatan fisik menurun dan bahkan dapat menyebabkan seseorang untuk bunuh diri. Maka dari itu mari kita lebih sadar tentang kesehatan mental kita dan orang-orang yang kita cintai.

Sumber :

1. https://rsud.kulonprogokab.go.id/detil/575/pentingkah-layanan-klinik-psikologi

2. https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/7431/gangguan-jiwa-di-kulon-progo-tertinggi-di-diy

3. https://www.alodokter.com/skizofrenia

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,313,004,291
0%
Belanja
Rp0 Rp3,552,485,925
0%
Pembiayaan
Rp0 Rp-439,481,634
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp0 Rp131,010,000
0%
Hasil Aset Desa
Rp0 Rp38,800,000
0%
Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp0 Rp40,000,000
0%
Dana Desa
Rp0 Rp2,018,983,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp179,405,424
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp866,605,867
0%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp0 Rp1,000,000
0%
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp0 Rp100,000
0%
Bunga Bank
Rp0 Rp3,000,000
0%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp0 Rp34,100,000
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp0 Rp1,547,415,073
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp0 Rp1,461,300,604
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp0 Rp266,233,498
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp0 Rp124,386,750
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp0 Rp153,150,000
0%