Posyandu Kenanga Kroco Terima Kaji Banding Dari Desa Jati Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

08 Oktober 2023
ahmed
Dibaca 85 Kali
Posyandu Kenanga Kroco Terima Kaji Banding Dari Desa Jati Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang

Sendangsari-Pemerintah Kalurahan Sendangsari menerima Kunjungan Kaji Banding dari Desa Jati, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah pada Sabtu 7 Oktober 2023. Acara kaji banding ini dihadiri oleh Lurah Sendangsari, Pamong Kalurahan, Dukuh Kroco, Kader Posyandu Kenanga, dan Ketua PKK Padukuhan Kroco.

Kaji Banding hari ini yang difokuskan pada bidang Posyandu COE atau Percontohan di wilayah Kalurahan Sendangsari yaitu di Posyandu Kenanga Padaukuhan Kroco . Kaji Banding yang berasal dari Desa Jati Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang berjumlah 35 orang peserta yaitu yang terdiri dari Kepala Desa Jati, Ketua TPKK Jati, Kader Posyandu Se Desa Jati.

Tamu Kaji Banding diterima di Joglo Bantala Abyudaya Padukuhan Kroco, dengan didahului penyampaian paparan dari Ketua Posyandu Kenanga yaitu Puji Rahayu. Puji Rahayu memaparkan letak geografis dan profil Padukuhan Kroco, Kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang mendukung kegiatan di Posyandu termasuk adanya Kampung KB, Proklim, Bank Sampah dan lainnya sampai menghantarkan Posyandu Kenanga ini menjadi Percontohan karena telah memenangkang beberapa perlombaan baik tingkat Kabupaten, Propinsi, bahkan Nasional. Peserta mendapatkan waktu untuk mengunjungi lapangan, yaitu di Rumah Data Kependudukan Kampung KB Sendangsari dan Gedung Posyandu Paud sebelum acara kunjungan berakhir.

Di Gedung PAUD Para Kader Posyandu Kenangan menjelaskan proses kegiatan Posyandu dengan 5 langkah atau paripurna. Para Peserta Kader Posyandu Desa Jati juga mengkaji mengenai ketersediaan berbagai layanan kesehatan, administrasi posyandu dan inovasi lainnya serta melihat dan mempelajari apa yang menjadi prestasi dan inovasi-inovasi yang menjadi andalan Posyandu Di Kalurahan Sendangsari yang layak dan patut dijadikan acuan untuk diterapkan di Desa Jati.

Pada kesempatan ini Para Peserta diberi kesempatan sharing dan tanya jawab secara langsung kepada Kader Posyandu Kenanga.

Kepala Desa Jati Swangan Antodjati berharap dengan Adanya Kaji Banding ini bisa untuk berbagi pengalaman sebagai motivasi untuk kemajuan di posyandu wilayah masing-masing. Harapan kita bisa berbagi pengalaman, pengetahuan dan belajar dari kelebihan-kelebihan dari posyandu yang memang mempunyai banyak inovasi dalam penyelenggaraan posyandu, sehingga bisa menginspirasi posyandu lainnya untuk bisa menjadi lebih baik lagi, dengan cara mengamati dan memodifikasi kegiatan yang ada sesuai kondisi masing-masing wilayah.

“Tentunya Kaji Banding ini juga untuk memotivasi kader-kader dalam peningkatan dan kemajuan Posyandu di tempat Kami” tandas Antodjati.