Kalurahan Sendangsari Meraih 4 Besar Penilaian Si Pentas Jawaraku

02 November 2023
ipg
Dibaca 210 Kali
Kalurahan Sendangsari Meraih 4 Besar Penilaian Si Pentas Jawaraku

SENDANGSARI – Kalurahan Sendangsari mendapatkan penghargaan Terbaik 4 kategori Penilaian Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan tahun 2022 “Si Pentas Jawaraku” dalam acara Gelar Penghargaan tahun 2023 yang digelar di Aula Adikarta, Komplek Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kamis (2/11/2023).

Sebelumnya, Kalurahan Sendangsari menjadi 8 nominasi kalurahan yang telah divisitasi oleh Tim Penilai pada tanggal 18 Oktober 2023 kemarin. Tim Visitasi dan Verifikasi berasal dari Dinas PMD Dalduk dan KB, Dinas Kominfo, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bagian Pemerintahan Pemda Kulon Progo dan Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo. Sebagai ketua Tim adalah Bapak Muh. Ihsan, S.H., M.M. yang merupakan kepala bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo.

Perlu diketahui bahwa dari 8 kalurahan kemudian akan dipilih 6 besar yang akan mendapat penghargaan berupa penambahan Anggaran Dana Desa. Total ADD yang akan diberikan kepada kalurahan yang masuk 6 besar adalah sebesar 241 juta rupiah dengan rincian 35% atau 80 juta untuk peringkat I, peringkat 2 sebesar 20% (48 juta), peringkat 3, 15%(35 juta), peringkat 4, 12%(28 juta), peringkat 5, 10%(24juta), dan peringkat 6, 8%(19 juta).

Dalam perhelatan tersebut diumumkan 6 kalurahan terbaik berdasarkan keputusan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo Nomor : 221 Tahun tentang penetapan Hasil Penilaian Penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Tahun Anggaran 2023.

Kalurahan-kalurahan yang meraih penghargaan tersebut adalah Kalurahan Kebonharjo Kapanewon Samigaluh sebagai Terbaik 1, Kalurahan Purwoharjo Kapanewon Samigaluh Terbaik 2, Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih meraih Terbaik 3, Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih meraih Terbaik 4, Kalurahan Ngargosari Kapanewon Samigaluh meraih Terbaik 5, dan Terbaik 6 diraih oleh Kalurahan Gerbosari Kapanewon Samigaluh,

Piagam penghargaan diserahkan oleh Sekda Kulon Progo, Triyono SIP MSI dan diterima oleh Sigit Rahmanto, SPd, Carik Sendangsari sebagai perwakilan dari kalurahan.

“Penghargaan ini kami dedikasikan untuk teman-teman pamong dan staf yang telah bekerja keras sehingga kami dapat meraih keberhasilan ini. Akan tetapi kami belum puas dengan hasil ini, ke depan kami pasti bisa lebih baik lagi!” kata Sigit disela-sela penutupan acara Gelar Penghargaan Tahun 2023. (ipg)