Sambut pemutakhiran PK-23, BKKBN adakan orientasi dan bimtek aplikasi

27 Juni 2023
IDI
Dibaca 128 Kali

Sendangsari- Persiapan Pendataan Pemutakhiran Keluarga (PPK-23). BKKBN adakan manajemen data dan bimtek aplikasi. Acara ini diselenggarakan di RM Langgeng Sari Mbulu pada Senin (26/6).

Kalurahan Sendangsari merupakan salah satu dari tiga kalurahan yang mengadakan orientasi di kapanewon Pengasih.

Pada acara ini di hadiri oleh Panewu kapanewon Pengasih, Kamituwa Sendangsari, Supervisor, dua Manajer data, serta Kader pendata kawasan Sendangsari.

Dalam sambutan Bapak Panewu Pengasih menyampaikan apabila hasil updating data, kedepannya tidak hanya digunakan oleh pihak BKKBN saja, namun bisa digunakan oleh pihak yang lain, misalnya digunakan oleh Dinas Kesehatan untuk meninjau stunting, ataupun data yang lain.

Dari Kamituwa Sendangsari, mewakili Lurah Sendangsari yang berhalangan hadir, beliau menyampaikan bahwa pendataan harus dilaksanakan sesuai prosedur dan kebutuhan. Beliau menyampaikan apabila terdapat 5% kesalahan maka data menjadi tidak valid. Beliau juga menyampaikan selamat bertugas kepada Kader pendata.

Masuk pada orientasi yang pertama yang disampaikan oleh Ibu Sudarmi selaku manajer pengolah Data, beliau menyampaikan Manajemen data bagi kader pendata dilaksanakan dengan “BERKUALITAS”
Bersiap
Estimasi waktu
Rencanakan Jadwal Pendataan
Utamakan etika
Ajukan pertanyaan
Lakukan pendataan secara benar
Isi dengan tepat
Targetkan semua keluarga terdata
Amati dan pastikan form terisi
Siap lapor supervisor

Kemudian dilanjutkan bimtek aplikasi yang di sampaikan oleh saudari Amalia Putri selaku manajer data, beliau menyampaikan beberapa pengaturan dan tampilan yang yang ada pada aplikasi tersebut, dan juga membimbing para kader pendata sebelum terjun ke lapangan.

Orientasi ini berjalan dengan lancar dan nampak antusias dari kader pendata. Tak hanya ibu-ibu saja, namun terdapat bapak dan juga generasi muda yang ikut serta dalam pendataan. (Idi)