Serba Serbi Lomba 17 Agustus di Padukuhan Gegunung

05 Agustus 2023
ipg
Dibaca 306 Kali
Serba Serbi Lomba 17 Agustus di Padukuhan Gegunung

SENDANGSARI -- Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Padukuhan Gegunung melaksanakan kegiatan Lomba 17 Agustus yang diprakarsai oleh Karang Taruna Gegunung bersama KKN PPM UGM 2023, bertempat di rumah Dukuh Gegunung pada hari Sabtu (5/8).

Kegiatan lomba diikuti oleh seluruh warga Padukuhan Gegunung, mulai dari anak – anak hingga dewasa.

Adapun lomba yang dilaksanakan diantaranya Lomba Kolase, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Koin Cemong, Lomba Memindahkan Air Menggunakan Spons, Lomba Estafet Botol, Lomba Voli Air dan Futsal Sarung.

Perlombaan dimulai pukul 07.30 WIB, diawali pemberian arahan dan aturan lomba oleh Novi, perwakilan dari Karang Taruna kepada seluruh peserta lomba. Novi juga menyampaikan bahwa perlombaan ini sifatnya untuk bersenang – senang dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI ke-78.

Perlombaan yang pertama dilaksanakan adalah Lomba Kolase tingkat Paud dan TK. Lomba ini bertujuan melatih kreatifitas dan imajinasi anak menggunakan kertas lem dan kertas warna. Perlombaan ini dimenangkan oleh Aiza Almazira sebagai Juara 1 dan Lintang Juara 2.

Perlombaan selanjutnya yaitu Makan Kerupuk tingkat SD, permainan yang sering dijumpai dalam setiap lomba 17 Agustus. Perlombaan ini dimenangkan oleh Gibran siswa SD kelas 1 sebagai Juara 1 dan Tasya siswa SD kelas 3 sebagai Juara 2.

Kemudian dilanjut Lomba Memindahkan Air Menggunakan Spons. Aturan dalam perlombaan ini adalah peserta diminta memindahkan air menggunakan spons dari ember ke dalam botol kaca, dan botol yang airnya penuh lebih cepat itulah pemenangnya. Perlombaan ini dimenangkan oleh Hafiz warga RT 33 sebagai Juara 1 dan Fitroh warga RT 31 sebagai Juara 2.

Perlombaan selanjutnya yang tidak kalah seru yaitu Koin Cemong, dimana peserta berusaha mengambil koin dari Buah Pepaya yang dilumuri kecap menggunakan mulut dan tidak boleh menggunakan tangan. Perlombaan ini dimenangkan oleh Putri siswa SD Kelas 4 sebagai juara 1 dan Alya siswa SD kelas 5 sebagai Juara 2.

Selain lomba yang bersifat individu, perlombaan yang bersifat beregu juga dipertandingkan, yakni Estafet Gelas Menggunakan Balon. Permainan ini sangat mengutamakan kekompakan di antara tim dan konsentrasi yang tinggi untuk memenangkan permainan ini. Tim yang berhasil menjuarai permainan ini adalah kelompok Tim A yang terdiri dari Faiz dari RT 35, Radit dari RT 35, Lukman dari RT 32, Cesko dari RT 34 dan Willy dari RT 33.

Perlombaan beregu lainnya adalah Futsal Sarung. Para pemain menggunakan sarung dalam menggocek bola. Perlombaan ini sangat lucu karena anak-anak agak kesulitan dalam berlari membawa bola dikarenakan memakai sarung. Untuk perlombaan ini dimenangkan oleh Tim RT 34 yang beranggotakan Gadang, Wisnu dan Marko.

Sedangkan perlombaan yang terakhir adalah Lomba Voli Air yang diikuti oleh ibu – ibu. Aturan perlombaan ini adalah seperti voli pada umumnya, namun bola yang digunakan adalah plastik berisi air, media untuk menangkap dan melemparkan bola menggunakan taplak meja. Perlombaan ini dimenangkan oleh tim ibu – ibu dari RT 35 yakni Riyani, Yuli, Pipit dan Sulastri.

Meskipun seluruh pemenang lomba sudah diumumkan, akan tetapi pembagian hadiah belum dapat dilaksanakan, karena akan diberikan pada acara perpisahan KKN PPM UGM yang dijadwalkan pada hari Minggu, 6 Agustus 2023.

Acara Lomba 17 Agustus ini berakhir pada pukul 12.15 WIB. Semangat dan antusias warga yang sangat tinggi dalam mengikuti lomba menjadikan suasana perlombaan sangat semarak dan meriah.

Saat ditemui di lokasi, Dukuh Gegunung menyampaikan apresiasinya kepada Karang Taruna Padukuhan Gegunung dan KKN UGM yang telah bekerja sama sehingga pelaksanaan lomba berjalan dengan lancar dan sangat meriah. “Kami sangat berterima kasih kepada Karang Taruna dan KKN UGM yang telah mengadakan perlombaan 17 Agustus ini. Harapannya tahun depan dapat terlaksana kembali dan lebih meriah lagi tentunya.” ujar Rafik. (ipg)