Proker KKN-PKM UGM, Edukasi Konservasi Keanekaragaman Hayati kepada Anak-anak

08 Agustus 2023
Super Admin
Dibaca 208 Kali
Proker KKN-PKM UGM, Edukasi Konservasi Keanekaragaman Hayati kepada Anak-anak

SENDANGSARI -- Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sub unit Gegunung mengenalkan anak-anak di Padukuhan Gegunung, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo untuk peduli lingkungan melalui program edukasi konservasi keanekaragaman hayati. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu (15/7) bertempat di rumah Dukuh Gegunung.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Sophia Salsabila di bawah bimbingan Ganies Riza Aristya, S.Si., M.Sc., Ph.D ini bertujuan untuk membina karakter peduli lingkungan pada anak-anak di Padukuhan Gegunung melalui edukasi tentang pentingnya konservasi keanekaragaman hayati dan pelestarian lingkungan.

Para peserta, yang terdiri dari anak-anak usia sekolah dasar, diperkenalkan dengan konsep konservasi keanekaragaman hayati melalui presentasi yang disajikan secara menarik dan mudah dipahami.

Selanjutnya, anak-anak diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan edukatif, seperti permainan interaktif untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam.

Program ini juga mengajarkan anak-anak tentang kepedulian terhadap satwa liar dan tanaman yang ada di lingkungan mereka. Mereka diajak untuk mengenali jenis-jenis tumbuhan dan binatang yang dilindungi serta pentingnya menjaga habitat alaminya.

Selain itu, para peserta juga diajarkan tentang prinsip-prinsip sederhana dalam mengurangi limbah dan penggunaan plastik sekali pakai melalui kegiatan praktik ramah lingkungan. Program edukasi ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh anak-anak, yang tampak semangat dalam berpartisipasi dan belajar tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati.(ssb)