You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Sendangsari
Kalurahan Sendangsari

Kap. Pengasih, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Pelatihan Branding, Memperkuat Identitas Produk

ipg 06 Januari 2024 Dibaca 96 Kali
Pelatihan Branding, Memperkuat Identitas Produk

SENDANGSARI -- Branding merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh bisnis. Branding adalah karakteristik, simbol, ataupun istilah dari sebuah produk maupun jasa yang bisa dijadikan sebagai pembeda dengan yang lainnya.

Pada Sabtu (6/1/24) Ika, Selma, dan Anin dari KKN 84 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Kelompok 81 Padukuhan Klegen menjalankan program kerja individu dengan materi Branding dan bertempat di rumah Dukuh Klegen. 

Pemilihan materi strategi branding untuk bisnis dilakukan karena mahasiswa KKN memiliki latar belakang bidang manajemen pemasaran, sehingga materi ini menarik untuk disebarkan kepada UMKM di padukuhan Klegen.

Strategi branding untuk bisnis penting untuk dilakukan oleh bisnis karena dapat memperkuat identitas bisnis, meningkatkan nilai merek, memperkenalkan bisnis ke masyarakat luas, mendorong keputusan pembelian, membangun kepercayaan konsumen, dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Bisnis perlu menciptakan suatu branding yang dapat diingat oleh masyarakat karena branding dapat menjadi identitas dan pembeda dari kompetitor, memberikan daya tarik bagi bisnis, dan membangun loyalitas bagi produk atau bisnis.

"Membangun branding dapat dilakukan dengan dengan cara-cara sederhana, seperti menciptakan logo yang menarik, membuat kemasan yang unik dan menarik, aktif berinteraksi di media sosial, dan melakukan iklan atau pameran." tutur Ika. 

"Media sosial merupakan salah satu platform yang dapat dipergunakan oleh bisnis dalam membangun branding, seperti menggunakan Instagram, Facebook, dan Tik Tok." ungkapnya. 

Peserta Sasaran dalam kegiatan sosialisasi strategi branding untuk bisnis adalah UMKM di Padukuhan Klegen, Ibu-Ibu PKK, dan Ibu-Ibu KWT (Kelompok Wanita Tani).

"Tujuan dari sosialisasi strategi branding untuk bisnis yaitu untuk menambah wawasan masyarakat dan pemilik UMKM di Padukuhan Klegen ini. Peran penting branding dalam membangun citra positif dan mengenalkan identitas unik produk. Selain itu juga meningkatkan kesadaran akan keuntungan strategis yang dapat diperoleh dari penerapan strategi branding yang efektif dalam mengembangkan UMKM." pungkasnya. 

Harapan dari sosialisasi strategi branding untuk bisnis kepada pelaku usaha dapat membantu UMKM Padukuhan Klegen lebih mengerti dan memahami mengenai branding usaha, dan UMKM dapat memiliki atau membangun branding usaha sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. (Ika/ipg) 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp0 Rp3,313,004,291
0%
Belanja
Rp0 Rp3,552,485,925
0%
Pembiayaan
Rp0 Rp-439,481,634
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp0 Rp131,010,000
0%
Hasil Aset Desa
Rp0 Rp38,800,000
0%
Lain-lain Pendapatan Asli Desa
Rp0 Rp40,000,000
0%
Dana Desa
Rp0 Rp2,018,983,000
0%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp0 Rp179,405,424
0%
Alokasi Dana Desa
Rp0 Rp866,605,867
0%
Penerimaan Bantuan Dari Perusahaan Yang Berlokasi Di Desa
Rp0 Rp1,000,000
0%
Koreksi Kesalahan Belanja Tahun-tahun Sebelumnya
Rp0 Rp100,000
0%
Bunga Bank
Rp0 Rp3,000,000
0%
Lain-lain Pendapatan Desa Yang Sah
Rp0 Rp34,100,000
0%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp0 Rp1,547,415,073
0%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp0 Rp1,461,300,604
0%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
Rp0 Rp266,233,498
0%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Rp0 Rp124,386,750
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp0 Rp153,150,000
0%