Pemerintah Kalurahan Sendangsari Gelar Musyawarah Kalurahan RKPKal TA 2025

29 Juni 2024
Admin Sendangsari
Dibaca 65 Kali
Pemerintah Kalurahan Sendangsari Gelar Musyawarah Kalurahan RKPKal TA 2025

SENDANGSARI-- Sesuai dengan siklus perencanaan pembangunan kalurahan, bulan Juni ini saatnya untuk menyelenggarakan Musyawarah Kalurahan (Muskal) RKPKal, dimana sebelumnya diawali dengan Musyawarah Padukuhan (Musduk) dan rembuk stunting.

Pemerintah Kalurahan Sendangsari berserta BPK telah menggelar Muskal RKPKal tahun 2025 pada Jumat (28/6) kemarin. Acara yang berlangsung di Aula Kalurahan Sendangsari dihadiri oleh Kepala Jawatan Ekobang Kapanewon Pengasih, Pendamping Desa, Lurah, Pamong, staf, seluruh anggota BPK, ketua lembaga kalurahan (LKK), dan tokoh masyarakat.

Beberapa agenda dari Muskal RKPKal adalah : 1) Melakukan pencermatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan (RPJM Kal) untuk kegiatan Tahun Anggaran 2025 dan rencana kegiatan tahun sebelumya yang belum terlaksana; 2) Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya;  3) Membahas usulan rencana kegiatan dari Pemerintah Kalurahan, BPK, hasil musyawarah padukuhan dan hasil rembuk stunting yang diselaraskan dengan RPJM Kalurahan; 4) Penyelarasan rencana kegiatan dengan program dari Pemerintah maupun Pemerintah Daerah; 5) Menyusun Daftar Rencana Kegiatan Tahun Anggaran 2025; dan 6) Membentuk Tim Verifikasi.

Dalam sambutannya, Lurah Sendangsari - Suhardi menyampaikan pentingnya Muskal RKPKal sebagai forum untuk merumuskan rencana pembangunan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat.

”Muskal ini merupakan momentum bagi kita semua untuk berdiskusi dan menyepakati program-program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Kami berharap partisipasi aktif dari semua pihak agar rencana yang dihasilkan benar-benar bermanfaat bagi kemajuan Kalurahan Sendangsari dan searah dengan indikator-indikator dalam SDGs.” ujar Suhardi.

Muskal RPKal 2025 ini membahas berbagai usulan program pembangunan yang diusulkan oleh masing-masing padukuhan. Beberapa program prioritas yang menjadi fokus diantaranya pembangunan infrastruktur jalan dan prasarana jalan (drainase, talud, bangket), jembatan, pemberdayaan UMKM dan perekonomian masyarakat, pemberdayaan masyarakat (pelatihan-pelatihan), penanganan stunting, Sarpras PAUD serta pengelolaan/pelestarian lingkungan.

Masing-masing dari padukuhan membuat prioritas usulan tiga besar yang akan diusulkan untuk kegiatan pemerintah kalurahan ditahun 2025 yang nantinya prioritas pertama akan masuk dalam tahapan verifikasi.

Usulan kegiatan Pemerintah Kalurahan Sendangsari pada tahun 2025 masih seperti biasa melaksanakan kegiatan rutin pemerintahan, ditambah beberapa pembangunan jalan dan peningkatan kapasitas lurah dan pamong.

Ketua Badan Permusyawatan Kalurahan (BPK) Sendangsari- Paniyo,S.E., menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses perencanaann dan pelaksanaan program pembangunan.

“Kita harus memastikan bahwa setiap program yang diusulkan dan disepakati dalam muskal ini benar-benar dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan prioritas yang memang dibutuhkan masyarakat.” kata Paniyo.

Dalam kesempatan tersebut, Carik Sendangsari - Sigit Rahmanto, S.Pd. juga menambahkan bahwa usulan kegiatan diperbolehkan berupa kegiatan selain pembangunan infrastruktur.

”Usulan tidak hanya fisik, akan tetapi kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan, prasarana lembaga dan peningkatan UMKM dapat menjadi prioritas pertama juga. Jadi, usulan padukuhan tidak terpaku  hanya fisik tetapi peningkatan SDM juga penting.” tutur Sigit.

Muskal RKPKal 2025 ini diakhiri dengan penandatangan berita acara yang memuat hasil kesepakatan bersama tentang program pembangunan yang  akan dilaksanakan pada tahun 2025 serta pembentukan Tim Verifikasi yang telah disepakati susunan tim masih sama dengan tahun 2023. (ipg)